APENSO INDONESIA

header ads

FENOMENA PEMBELAJARAN BAHASA DI JENJANG PAUD

Berita:


FENOMENA PEMBELAJARAN BAHASA DI JENJANG PAUD

Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism Asosiasi Pendidikan dan Sosial (APENSO) Indonesia

"Di jenjang PAUD tidak masalah diberikan pelajaran Bahasa  asing -Inggris  tapi harus dibarengi pemahaman bahasa  Ibu-daerah sehingga nantinya tidak terjadi kepunahan terhadap keberadaan bahasa Ibu "ujar Pakar Sosio Linguistik Bahasa Doktor.Ni Nyoman Sarmi.Mhum. yang Staf Pengajar di Unitomo Surabaya.

Menurut Doktor Nyoman ,memang sekarang ini terjadi fenomena upaya perolehan bahasa asing banyak dilakukan sejak dini saat anak masih duduk dibangku PAUD hingga SD. Hal tersebut dilakukan disamping pada usia PAUD anak masih mudah mencerna dan memahami sesuatu yang baru khususnya perolehan bahasa asing.juga tidak terlepas kondisi lingkungan.

"Sebenarnya tidak.semua lembaga PAUD -TK memberikan materi pelajaran bahasa Inggris ,hanya di kota-kota besar  dan itu hanya beberapa lembaga pendidikan tertentu "ungkap Ni Nyoman yang menambahkan pemberian materi Bahasa Inggris juga terkait kondisi daerah seperti di daerah Bali .

Pemerolehan Bahasa Asing bagi anak usia dini idealnya diupayakan secara natural seiring perkembangan jiwa anak."Boleh -boleh saja anak usia PAUD diajari Bahasa Inggris,tapi perlu dibarengi  pemerolehan bahasa Daerah agar bahasa Ibu-Daerah  tidak punah"jelas Doktor Ni Nyoman Sarmi yang menambahkan keberadaan kaum Ibu memiliki peran penting dalam melestarikan bahasa daerah ."Di Indonesia setiap daerah memiliki bahasa daerah sehingga layak dibanggakan  "Ujarnya. (Km)

Posting Komentar

0 Komentar