APENSO INDONESIA

header ads

PROBLEMATIKA ORANG MISKIN

Problematika Orang Miskin


Oleh: Suryadi
Education Director APENSO Indonesia


Memberantas kemiskinan tidak akan pernah selesai. Ada yg berpendapat kemiskinan ada 2 macam ,kemiskinan alam dan struktural.Kemiskinan alam,memang alamnya yg menjadi penyebab kemiskinan.Alam yg tandus yg tidak bisa untuk bercocok tanam,mengakibatkan penduduknya miskin.

Jika alamnya subur,masih ada yg miskin itu termasuk kemiskinan struktural. Kemiskinan struktural terjadi karena sistim yg sedang berlangsung  kurang memberi akses kepada orang miskin.

Sebagai contoh,orang miskin akan sulit pinjam uang karena tidak memiliki jaminan.

Sistim perbankan mewajibkan ada jaminan  bagi calon peminjam.
Sehingga bagi orang miskin walaupun memiliki kompetensi tertentu,akan sulit untuk mengembangkan kompetensinya. Akibatnya mereka sulit untuk keluar dari kemiskinan.

Apalagi jika terjadi musibah kecelakaan lalu lintas,biaya pengobatan akibat kecelakaan lalu lintas tidak ditanggung BPJS.Akhirnya untuk menutupi biaya berobat akibat kecelakaan lalu lintas,mereka berhutang.

Orang sudah miskin, punya banyak hutang.Semakin sulit mereka keluar dari kemiskinan.Tidak cukup orang miskin itu sendiri yang berjuang untuk keluar dari kemiskinan.

Negara harus hadir secara sungguh2,untuk memutus mata rantai kemiskinan. Tanpa kehadiran negara secara penuh,maka akan terjadi pewarisan kemiskinan yg tidak pernah tuntas.

Posting Komentar

0 Komentar