APENSO INDONESIA

header ads

DIALOG GARENG -PETRUK (DIGARUK) "LIDAH TAK BERTULANG"

DIALOG GARENG -PETRUK (DIGARUK)
"LIDAH TAK BERTULANG"
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism
apensoindonesia.com


"Persahabatan yang INDAH selama puluhan tahun BERUBAH menjadi permusuhan yang HEBAT, karena SEPATAH kata PEDAS yang tidak DISENGAJA" Ujar Kang Gareng yang menyitir petuah lama yang tidak pernah usang.

"Maknanya dalam Truk, sedalam lautan atlantik .." imbuhnya sembari memandang Petruk tajam.

"Yo kang,telur dadar dicampur tomat,memang tidak sekedar kalimat...pasalnya lidah itu tidak bertulang ...dan Sepanjang-panjangnya jalan masih panjang kata-kata maka berhati-hatilah dalam berkata...berkatalah sebelum tidur...hahaha..berpikirlah sebelum.berkata.." Ujar Petruk yang pernah Sekolah Tinggi Bahasa lalu turun karena  takut jatuh. Kang Gareng mendengar ucapan Petruk tersenyum simpul.

"Hahaha..Imposible..turun dari Sekolah Tinggi...duasar awakmu Truk...memahami sesuatu  harus tahu sedalam-dalamnya ..mau tahu persoalan lidah harus mengerti dalamnya lidah ....ingin memahami musik kroncong harus mengerti dalamnya musik kroncong...musik dangdut harus mengetahui dalamnya musik dangdut ...musik rock ya harus memahami dalamnya rock....hahaha...yang penting persoalan lidah ..ingat ..lidahmu adalah pedangmu ...jadi hati-hatilah memainkan pedangmu" Jelas Kang Gareng sembari memandang tajam Petruk.

"Nang Gresik beli nota..SikTa kang...opo isinya Rock....ngelantur yo ngelantur hahaha....dalam...kondisi menjelang Perhelatan  Agung Pengukuhan Petinggi Negeri perlu waspada dan hati-hati mengumbar kata-kata" Tutur Petruk mantap.

"Karena dengan gegabah berujar kata diantara lidah,bukan hanya dapat memicu kerusuhan namun juga berdampak mengganggu stabilitas negeri..Negeri Karang Kedempel Merdeka (NKKL).... Hahaha" tambah Petruk sembari tertawa.

"Ke Jedah beli kebaya dan kain pita ...Lidah bisa bikin bahaya dan suka cita ..jangan lupa pakai ploduk-ploduk Dalam negeli...lidah dapat membahayakan warga masyarakat jika mengetengahkan ego dan  mengucapkan kata-kata  yang menyesatkan .mengadu merpati eee ....mengadu domba...bahkan kata-kata bohong.....lidah dapat mewujudkan  suka cita...karena kata -kata yang santun, penuh petuah, informasi berharga" ungkap Petruk yang menambahkan pentingnya menjaga lesan.

"Yo Truk...lesan ..bukan les-lesan ...tapi lesan yang berkait dengan lidah ...lidah memang enak kalau digoreng...hahaha...lidah Sapi ...bukan Lidahmu....nyuwun sewu....yang harus dijaga secara ketat...tat...Taat Aturan...tidak Asal Ngomong..ASMONG..." kilah Kang Gareng.

"Asmong...itu masih family ASMUNI ..Asal Muni....lebih-lebih ASMUNI yang menyakitkan ..bisa-bisa ..ke Surabaya  beli layang-layang..Jagad Raya Bergoyang..yang...gara sepatu...sepatah kata yang tidak disengaja menyinggung perasaan .." Lanjut piutur Kang Gareng yang kelihatan lesu .

"Yo kang  sekarang yang penting ..mari kita 3 M..Mawas Diri,Mawas Mulut dan Mawas Tindakan ..yang beda sangat 3 Mnya kang Gareng ..Makan..Minum..Mengantuk ..hahaha " Ucap Petruk sembari berdiri melangkah meninggalkan Kang Gareng.

(KM)

Posting Komentar

0 Komentar