APENSO INDONESIA

header ads

PAKAR BAHASA INGGRIS WILLY A ANANDYA: METODE BACA DAN DONGENG COCOK UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK JENJANG PENDIDIKAN DASAR

Berita:

PAKAR BAHASA INGGRIS WILLY A ANANDYA: METODE BACA DAN DONGENG COCOK UNTUK  PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK JENJANG PENDIDIKAN DASAR
Oleh: Kris Mariyono
Director Junalism


APENSOINDONESIA.COM ------Pakar Bahasa Inggris dari National Institut Education Singapore Willy A Anandya .PHd mengungkapkan, proses pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak di jenjang pendidikan dasar selayaknya melalui aktifitas membaca dan mendongeng.

"Anak-anak lebih cepat memahami dan mengerti jika belajar Inggris dilakukan dengan melihat gambar, membaca dan mendengarkan dongeng " Jelas Pak Willy sapaan akrab Willy A Anandya seusai menjadi pembicara Seminar Bahasa Teacher Profesional Development Series, The Head, Heart and Hand Of An Effective English Teacher prakarsa FKIP Universitas Katholik Widya Mandala (UKWM) Surabaya .(23/3).

"Di jenjang  pendidikan dasar, anak jangan dibebani persoalan struktur dan gramar nanti tambah bingung" imbuh Pak Willy yang pernah mengenyam Program S Satu di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Berbicara Profesional guru bahasa Inggris di Indonesia ungkap Willy A Anandya, selain harus memiliki dedikasi yang tinggi juga harus menguasai aspek Head, Heart dan Hand."Untuk menjadi guru bahasa Inggris yang efektif harus mampu berpikir ,memiliki hati dan mempunyai ketrampilan" Ungkap Pak Willy yang menambahkan menyangkut  hati untuk Guru Bahasa Inggris tidak ada masalah ."Sebagaian besar guru Bahasa Inggris sudah memiliki perasaan yang bagus untuk mengajar hanya saja aspek ketrampilan berbahasa Inggris yang perlu dioptimalkan "tandasnya penuh semangat.

Menurut Willy, upaya mewujudkan profesionalisme guru Bahasa Inggris sebenarnya sudah dilakukan namun belum secara totalitas."Seharusnya pemerintah melakukan pengembangan potensi guru terkait profesionalitas secara menyeluruh seperti dilakukan di negara tetangga seperti Singapore dan Malaysia " Jelasnya sembari menambahkan perlunya menyiapkan tenaga pendidik dari LPTK.

"Lembaga Pendidikan Tenaga Kejuruan (LPTK) memiliki peran penting dalam mewujudkan profesionalisme guru, termasuk upaya peningkatan wawasan dan ketrampilan guru dalam proses belajar mengajar, agar mampu bersaing dengan negara tetangga "tutur Pak Willy. (KM)

Posting Komentar

0 Komentar