APENSO INDONESIA

header ads

PEMILU HINGGA PENCARIAN BUKU

Catatan:
PEMILU HINGGA PENCARIAN BUKU
Oleh: Gempur Santoso


Kegiatan mendengarkan, bertanya, mengklarifikasi dan dan konfirmasi memang menyenangkan. Sebagai assesor penelitian.

Kalau admin entry hasil memang menjemukan, bagi saya. Maklum mata sudah disambung kaca cembung. Bagi yang muda dan bakat admin pasti ringan, tentu senang juga.

Teman teman saya, sejawat sedang presentasi hasil penelitian. Semua hampir usia muda. Seusia anak anak saya.
Bersama anak anak muda, menyenangkan. Saya ikut semangat.

Ada 12 penelitian dipresentasikan. Saya dengarkan secara tekun. Sejak sekitar pukul 10 sampai dengan pukul 14.00 dipotong waktu jum'atan.

Para peneliti pemula. Peneliti pengembangan dan unggulan.

Ada dua penelitian yang terkait pemilu. Dosen dari fakultas keguruan dan pendidikan. Temuannya antara lain: pemuda/anak dalam memilih calon pemimpin sangat dipengaruhi orang tua. Manut ortunya.

Selain itu, karakter calon pemimpin sangat berpengaruh terhadap jatuh pilihan untuk dipilih. Itu yang utama.

Paling tidak temuan itu dapat dipakai acuan caleg ataupun capres, membuat strategi kampanye. Dapat dipakai membenahi diri, karakter, sebagai calon pemimpin. Kebetulan saat ini 2019 tahun politik. Caleg capres.

Temuan kreativitas yang lain. Dari dosen muda, jurusan teknik industri. Menemukan sebuah alat yang mempermudah dalam pencarian judul buku dan nama pengarangnya. Termasuk dapat menampilkan  atau gambar foto bentuk bukunya.

Alat itu secara digital. Dasain, ada monitor, dalam box setinggi siku. Mirip mesin ATM. Alat mirip itu. Ada di dalam Masjid Nabawi. Mencari buku buku Islam. Pilih bahasa apa. Judul, pengarang. Atau explor cari buku tentang apa. Bahkan bisa download, gratis.

Pencarian buku tak perlu membungkuk. Ramping. Ergonomis. Cocok untuk prasarana perpustakaan. Cocok pula untuk toko buku.

Masing masing hasil penelitian, semua, telah dimuat dalam poster. Sehingga mudah dibaca. Mudah diketahui langsung apa hasil penelitian yang ditemukan.

Ingin tahu? Silahkan lihat di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Univ PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya. (GeSa)






Posting Komentar

0 Komentar