APENSO INDONESIA

header ads

PRAKTISI YOGA SURABAYA VICKY CHAN :YOGA LAYAK UNTUK ANAK DEFABEL

Berita:
PRAKTISI YOGA SURABAYA VICKY CHAN :YOGA LAYAK UNTUK ANAK DEFABEL 
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism APENSO Indonesia

Praktisi Yoga Surabaya Vicky Chan tertantang untuk memberikan pelatihan Yoga kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)atau Defabel .

"Awalnya memang tertarik melatih anak Reguler. Namun, kenapa ada keinginan melatih anak Defabel "Ungkap Vicky Chan seusai dialog di Pro Satu FM RRI Surabaya bersama aktifis Komunitas Anak Defabel Dokter Safitri.

Menurut Vicky yang melatih Yoga untuk anak Defabel sejak tahun 2017 berpendapat, pentingnya pelatihan Yoga bagi anak Defabel. Disamping membantu berkonsentrasi juga memperbaiki otot dan syaraf yang kurang berfungsi.

"Untuk penyembuhan saya tidak menjamin namun minimal tidak tambah parah terlebih tidak berlatih Yoga" Ujar Vicky yang memiliki pengalaman menarik memberikan latihan Yoga kepada Anak Defabel katagori Douwn Symdrom.

"Ya berkat latihan Yoga, yang awalnya sulit berdiri lambat laun bisa berdiri, tangannya sukar digerakan, kemudian dapat digerakan "Ungkap Vicky yang kini melatih Yoga Komunitas Anak Defabel binaan Dokter Safitri.

Menurut Vicky, melatih Yoga Anak Defabel tidak hanya diperlukan kesabaran dan ketekunan namun juga program latihan yang tidak membosankan.

"Banyak tantangan, memang benar, anak reguler saja sudah sulit terlebih anak Defabel ya harus ekstra sabar, waktunya pemanasan tambah lari-lari..untungnya lari-lari juga pemanasan, kadang-kadang malas,sudah datang malas latihan mau dimarahi tambah kacau ..solosinya dibiarkan saja lama-lama akan ikut latihan" Tutur Vicky.

Berbicara Aliran Yoga kata Vicky, memang banyak aliran baik yang dikembangkan di Indonesia maupun di negeri asalnya India."Aliranya banyak tapi sebenarnya muaranya ya satu tujuan mengupayakan stabilitas kesehatan  jasmani rohani" tandas Vicky penuh semangat.

Vicky berharap, agar orang tua menyadari perlunya anaknya belajar Yoga karena dapat membantu perkembangan jiwa dan kesehatan."Yoga seperti bermain hanya saja diarahkan" Ujarnya sembari menambahkan Yoga di luar negeri banyak lembaga Pendidikan banyak yang memasukan Yoga dalam Kurikulum proses belajar mengajar. (Km)

Posting Komentar

0 Komentar