APENSO INDONESIA

header ads

MUSAFIR

Marhaban ya Ramadhan:

Bagian 10 - Bersambung
MUSAFIR
Oleh: Agung Santoso
Director of Religiuos Education
APENSOINDONESIA.COM


Bismillahir rahmanir rahim,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Kembali sy hadir menemani saudara ku kaum muslim dimana saja, hari rabu 10 april 2019. Para pembaca tausiyah yang dimulyakan Allah, izinkan kali ini kami mengangkat kembali kata-kata hikmah, nasihat-nasihat menggugah dari pernyataan-pernyataan menginspirasi dari delapan ulama klasik mulai hari ini tertuang dalam Kitab Nasihat. Diantaranya Syekh Abdul Abdul Qadir al-Jalaini, Imam Hasan al-Bashri, Imam al-Ghazali, Ibnul Jauzi,Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, Abu Sulaiman al-Darani, Al-Harits al Muhasibi dan Ibnu Taimiyyah.

      MUSAFIR. Inilah salahsatu topik bahasan yang diangkat oleh Imam Al-Ghazali. Didunia ini manusia adalah musafir, kata Al-Gazhali. Persinggahan awal mereka adalah buaian dan persinggahan terakhir mereka adalah liang lahat. Tanah air mereka adalah surga atau neraka.Umur adalah jarak tempuh perjalanan mereka.Tahun,bulan dan hari adalah waktu tempuh mereka. Ketaatan adalah barang dagangan mereka.Waktu adalah modal mereka. Syahwat adalah rampok perjalanan mereka.

     Keuntungan adalah saat bertemu Allah di surga beserta kerajaan agung dan kenikmatan abadi.Kerugian adalah saat jauh dariNYA.Orang yang lengah dengan helas nafasnya hingga habis selain ketaatan, pada hari kiamat ia akan mengdapi suka cita tiada akhir.

     Maka, oleh karena bahaya besar dan bencana mengerikan ini, orang-orang yang mendapat taufik pun sigap melaksanakan ketaatan, meninggalkan kelezatan nafsu dan memfaatkan sisa usia (10-bersambung).

Agsa

Posting Komentar

0 Komentar