APENSO INDONESIA

header ads

Pekan Cipta Seni Jatim

Berita:
Lomba Pekan Cipta Seni Jatim

Banyuwangi, Sidoarjo
dan Probolinggo Berhasil Raih Dua Juara
Oleh: Agung Santoso


APENSOINDONESIA.COM ----- Lomba Pekan Cipta Seni Jawa Timur untuk jenis musik tradisi dengan batasan usia 7-12 tahun (SD), 13-15 tahun (SMP) dan 16-18 tahun (SMA) telah berakhir. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Cak Durasim-Taman Budaya Jawa Timur, Jalan Gentengkali 85 tersebut berlangsung 4-5 April 2019.

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur itu membuat sejarah tersendiri bagi Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Sidoarjo dan Kota Probolinggo. Mengapa? Tiga tempat pemerintahan ini berhasil meraih dua juara di dalam event tahunan yang di gebyar UPT Disbudpar, yakni UPT Laboratorium Pelatihan dan Pengembangan Kesenian dibawah komando Effi Widjajanti.

Banyuwangi meraih dua gelar dari jenjang usia 7-12 tahun menjadi juara I Lomba Musik Tradisi dan Juara I untuk Penata Musik Terbaik. Sidoarjo dengan jenjang usia 13-15 tahun menjadi juara I lomba musik tradisi dan juara I untuk penata musik terbaik. Selanjutnya Kota Probolinggo jenjang 16-18 tahun menjadi juara I lomba musik tradisi dan juara II Penata musik terbaik.

Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur akan dilanjutkan kembali untuk jenjang SD,SMP dan SMA tanggal 24,25,26 April berlangsung di Malang Raya (Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu), dengan berbagai jenis lomba.

Berbagai  Jenis lomba dimaksud , kata Effie Widjajanti diantaranya pawai budaya, seni qasidahm seni tari tradisi, seni rupa (lukis, poster, desain tekstil), seni patung, seni cipta, baca puisi, musikalisasi. Seni Padus, Seni Teater Tradisi.

Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur ini, mengangkat  tema ‘’Membentuk Generasi Milenial yang Berbudaya untuk Berprestasi’’. Sedang mottonya adalah ‘’Generasi Milenial yang kreatif untuk berprestasi dengan menjunjung tinggi kebersamaan yang berazas budaya lokal’’.

Berikut para pemenang lomba Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur yang berlangsung selama dua hari di gedung Cak Durasim yang tidak pernah sepi penonton mulai pagi hingga malam hari.

Jenjang usia 7-12 tahun Juara Lomba Musik Tradisi masing-masing juara I,II,III adalah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Tuban, Kabupaten Trenggalek. Juara harapan I,II,III diraih Kabupaten Tulungagung, Kota Probolinggo dan Kabupaten Sidoarjo. Penata Musik terbaik diraih juara I,II,III oleh Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Tuban dan Kota Probolinggo.

Jenjang usia 13-15 tahun untuk juara lomba musik tradisi juara I,II,III diraih oleh Kota Malang, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Bondowoso. Juara harapan I,II,III diraih Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Tuban,Kabupaten Sampang. Penata musik terbaik diraih juara I,II,II oleh Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Tulungaggung, Kabupaten Sidoarjo.

Jenjang usia 16-18 tahun untuk juara lomba musik tradisi juara I,II,III diraih Kota Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kota Surabaya. Juara harapan I,II,III diraih Kabupaten Banyuwangi, Kota Madiun,Kabupaten Jombang. Penata musik terbaik diraih juara I,II,III oleh Kota Pasuruan,Kota Probolinggo dan Kabupaten Jombang. (ags)

Posting Komentar

0 Komentar