APENSO INDONESIA

header ads

Puasa Ramadhan, Hardiknas dan Hari Buruh

Catatan:

Puasa Ramadhan, Hardiknas dan Hari Buruh

Oleh: Agung Santoso
Director of RE APENSO Indonesia


PEMBACA setia, di bulan Mei kita akan mendapatkan tiga informasi penting, bila ditambah satu menjadi empat berita, namun sifatnya lokal, yakni Hari Jadi Kota Surabaya yang jatuh pada tanggal tiga puluh satu mei ini.

     BULAN suci Ramadhan kita dahulukan meski jatuhnya setelah Hardiknas 2 Mei dan Hari Buruh 1 Mei. Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan awal puasa Ramadhan 1440 H, sesuai nomor : 01/MLM/1.0/E/2019, 1 Ramadhan 1440 H jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019.Artinya pada tanggal 5 Mei malam, sudah dapat melaksanakan Shalat Tarawih.Sedangkan NU belum menentukan 1 Ramadhan 1440 H, mudah-mudahan sama.

     RAMADHAN tahun ini memang beda dengan tahun lalu jika kita kaitkan dengan bersamaan Pemilu.Tidak ada sesuatu yang kebetulan, melainkan semua telah di atur oleh Allah SWT. Tidak ada kelahiran secara kebetulan, Tidak ada rejeki yang kebetulan hingga sebuah kematian yang kebetulan.Tapi semua kembali kepada SANG PENCIPTA.

     RENTANG waktu 19 hari sejak pencoblosan 17 April lalu bila kita hitung awal Ramadhan 6 Mei, kita harapkan adanya collingdown memasuki Ramadhan untuk saling menahan diri, bahkan akhir penghitungan suara di KPU 22 Mei 2019 merupakan suasana Ramadhan, sangat diharapkan pada puncak ini semuanya tidak ikut untuk mengeluarkan statemen beraneka ragam, kecuali KPU, dengan catatan terbuka dan transparan.Supaya tidak menimbulkan kegaduhan yang tidak kita harapkan bersama.

     HARI Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini merupakan momen kinerja terakhir buat Mendikbud Muhajir Effendi dalam kabinet Jokowi bila dengan Presiden yang baru Menteri asal Malang itu tidak masuk Kabinet. Tinggalan Muhajir diantaranya yang menonjol adalah jenjang SMA/SMK di kelola Pemerintah Provinsi kemudian untuk penerimaan anak didik baru SMA/SMK menggunakan sistem Zona.

     SELAIN untuk pemerataan penetapan siswa-siswi yang dinilai pandai, juga menghilangkan image sekolah favorit yang ditetapkan masyarakat. Itulah latarbelakang penetapan zona. Masyarakat Indonesia bisa menilai bagaimana kinerja dua mendikbud di era Jokowi, Anis Bawedan dan Muhajir Effendi. Anis terkenal dengan kegiatan orang tua harus mendampingi putra-putrinya di Hari Pertama masuk Sekolah.   
 
     TERAKHIR hari buruh Internasional, jatuh pada tanggal 1 Mei. Sudah tidak asing lagi saudara-saudara kita yang banyak bekerja di berbagai Perusahaan tersebut akan melakukan orasi. Tentu orasi ini juga dikaitkan dengan nasib buruh ke depannya.Yang tidak kita inginkan bersama orasi ini bertujuan untuk memojokkan lembaga tertentu. Atau bahkan bisa ditumpangi pihak ketiga yang tidak bertanggungjawab, memanfaatkan situasi sekarang ini. Apalagi situasi pasca Pemilu, kita perlu bahu membahu menjaga keamanan Bangsa dan Negara. TNI-Polri dengan di dukung masyarakat selalu Siap menjaga keutuhan NKRI. (Ags)

Posting Komentar

0 Komentar