APENSO INDONESIA

header ads

SIFAT-SIFAT PARA PENDIDIK

Marhaban ya Rhamadhan:

Bagian 17 - Bersambung

SIFAT-SIFAT PARA PENDIDIK  

Oleh: Agung Santoso
Director of Religious Education
APENSOINDONESIA.COM


Bismillahir rahmanir rahim,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Kaum muslimin dan muslimat mari kita tidak henti-hentinya bersyukur karena nikmat Allah yang tidak pernah surut. Berjalan, berlari, melompat, meloncat semuanya kalau kita kaji adalah bagian menggerakkan anggota tubuh tanpa batas.

Menjadi pegawai pemerintah, swasta, guru, dosen atau jabatan apapun yang kita sandang merupakan nikmat Allah, dari status pekerjaan tersebut kita bisa mengais pahala sebanyak-banyaknya.

Menyinggung soal pendidik,  mari kita renung nasihat Al-Harits Al-Muhasibi dalam Kitab Nasihatnya dengan mengangkat topik ‘Sifat-Sifat Para Pendidik’:

CARILAH ilmu orang yang semakin merasa takut oleh ilmunya, semakin bijaksana oleh amalnya dan semakin mengerti oleh akalnya.

Jika hilangnya adab membuatmu terhalang dari jalan mereka maka celakalah dirimu sendiri. Sifat orang-orang yang ikhlas takkan pernah samar bagi ahli ilmu. Ketahuilah bahwa ada adab dalam setiap pemikiran, dan ada ilmu dalam setiap petunjuk.

Yang mengerti hal itu hanyalah orang- yang memahami maksud Allah dan memetik faedah-faedah keyakinan dari khithab-Nya. (17-bersambung)

Agsa

Posting Komentar

0 Komentar