APENSO INDONESIA

header ads

TERNYATA NYOBLOS ITU ENAK

Catatan:


TERNYATA NYOBLOS ITU ENAK

Oleh: Kris Mariyono
APENSOINDONESIA.COM

Pemilu Serentak kali ini, tidak hanya semarak keberadaan Caleg-Calegnya namun juga antusias masyarakat untuk mencoblos cukup menggembirakan. Sistem pencoblosan dari Pemilu ke Pemilu yang berlangsung setiap Lima tahun sekali tidak pernah berubah, masih menggunakan  perangkat alat tusuk semacam besar tajam.

Dengan alat semacam paku ini kalangan masyarakat yang masuk bilik suara setelah membuka kertas Suara kemudian memilih dan memilah calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon  Legislatif, akhirnya harus menusuk atau mencoblos tanpa ragu-ragu.

Langkah yang  baik agar mencoblos lebih enak dan pas, pertama perlu melihat bantalan, kedua meletakan kertas suara diatas bantalan dan menenangkan hati sebelum menusuk atau mencoblos. Memang ada sisi yang memakan waktu dalam aktifitas dalam ruang kecil (Bilik) ketika kalangan masyarakat memilih caleg pilihannya  di Parpol nomer besar maka harus membuka kertas suara secara lebar dan melipatnya seperti semula.

Pelipatan kertas suara setelah dicoblos lebih sulit dubanding pilihan parpol di nomor pendek yang tidak harus membuka kertas suara secara keseluruhan,dibuka sebagaian saja sudah kelihat gambar Parpol-Caleg yang siap dicoblos. Mencoblos atau menusuk itu sebenarnya mudah dan enak hanya saja  yang memerlukan waktu itu melipat kembali kertas suara Caleg DPD, DPR RI ,DPR Propinsi  dan DPR Kota -Kabupaten. Ada pengecualian yang paling efisien dalam pemilu serentak 2019 yaitu Kertas Suara Capres, Lebih tipis dan praktis.

Ternyata, walau banyak kertas suara,  mencoblos tetap enak. Tidak menyulitkan.
(KM)

Posting Komentar

0 Komentar