APENSO INDONESIA

header ads

TUJUAN SHALAT

Bagian 31 - Bersambung:

TUJUAN SHALAT

Oleh: Agung Santoso
Director Of Religious Education
APENSOINDONESIA.COM


Bismillahir rahmanir rahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, kaum muslim yang selalu tidak pernah putus minta hidayah kepada Allah bahkan kita selalu berusaha dalam keadaan apapun. Selanjutnya kita berserah diri atau tawakal kepada Allah.

   Kaum muslim yang selalu meminta segalanya kepada Allah, ulama besar Ibnu Jauzi di dalam kitab nasihat menuangkan pikirannya tentang apa itu tujuan shalat, berikut goresan pena beliau yang bisa kita renung bersama.

   KETAHUILAH bahwa tujuan shalat adalah mengagungkan nama Allah yang disembah.Pengagungan-Nya hanya terealisasi dengan hadirnya hati dalam pengabdian.

   Ada sebagian ulama salaf yang apabila masuk dalam waktu shalat rona wajahnya seketika berubah dan berkata,''Tahukah kalian dihadapan Siapa aku hendak berdiri?''
 
   Apabila kau ingin menghadirkan hatimu yang tersembunyi, kosongkanlah ia dari hal-hal yang menyibukkan semampumu.
 
    Kaum salaf yang suka merenung, mereka menyaksikan setiap sesuatu yang memberikan pelajaran. Dengan Azan, mereka mengingat panggilan hari kiamat. Dengan penyucian badan, mereka mengingat penyucian hati. Dengan menutup aurat, mereka menuntut tertutupnya aib-aib batin.Dengan menghadap kiblat, mereka mengingat penghadapan hati kepada Allah. Siapa shalatnya yang tidak demikian, berarti hatinya lalai. (31-bersambung)

Posting Komentar

0 Komentar