APENSO INDONESIA

header ads

BEKERJA JUAL DEGAN UNTUK SEJAHTERA BERSAMA

Catatan:

BEKERJA JUAL DEGAN UNTUK SEJAHTERA BERSAMA

Oleh: Gempur Santoso

Hari hari biasa memang ramai. Saat puasa ramadhan makin ramai malam hari. Didominasi penjual makanan. Ini daerah Wage Sidoarjo.

Seorang penjual degan atau kelapa muda. Banyak sekali. Kalau kulak degan bisa satu truk engkel. Termasuk menyediakan degan bakar. Pada ramadhan ini. Dagangannya ditambah beras. Ada harga Rp. 10 ribu per kilo sampai Rp 12 ribu perkilo. Ada kemasan 25 kg, 10 kg, 5 kg hingga ada 3 kg. Kemasan 3 kg disediakan bagi yang butuh untuk zakat fitrah.

Memang Bambang ini lincah berdagang. Seorang lulusan sarjana hukum, tidak bekerja di bidang hukum, tapi kerja jualan degan. Saat tertentu, di sebelah tumpukan degan ada dagangan lain. Kadang, buah naga, kedelai jepang dan lain lain. Sesuai musim dan peluang bisnis. Dagangan utamanya degan.

Bambang bersama istri dan anak anaknya yg masih kecil. Berdagangnya dibantu 4 orang karyawan yg masih familinya. Tempatnya sederhana. Sewa tanah di pinggir jalan. Didirikan bangunan dari kayu, atap seng. Walau sederhana omset saya perkirakan cukup baik. Nyatanya, bisa membuka lapangan kerja, paling tidak 4 tenga kerja. Di tempat ini sudah lama tidak kurang sudah sejak 5 tahun yang lalu. Baru baru ini membuka cabang jualan degan di Gedangan. Bisa merekrut lagi 2 tenaga kerja.

Bekerja memberi lapangan kerja pada orang lain untuk sejahtera bersama.
(GeSa)

Posting Komentar

0 Komentar