APENSO INDONESIA

header ads

BUS BOTOL KELILING SURABAYA

Catatan:

BUS BOTOL KELILING SURABAYA

Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism
APENSOINDONESIA.COM

Melihat keindahan dan kebersihan kota Surabaya dari Terminal Purabaya kawasan Surabaya Selatan hingga Jembatan Merah dan kembali ke Purabaya cukup berbekal botol plastik. Begitupun jika ingin melihat hijaunya kota Surabaya dari Kawasan Timur wilayah kampus ITS sampai Kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang berlokasi di kawasan Surabaya Barat.

Terobosan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, memang layak diacungi jempol. Karena apa? naik bus dengan bayar botol  plastik, bukan tidak mungkin satu-satunya di Indonesia bahkan di dunia.

Edukasi dari naik Suroboyo Bus, selain memberikan pemahaman perlunya mengatasi sampah plastik juga mengajak kalangan masyarakat menyadari pentingnya mengupayakan lingkungan yang bebas dari sampah plastik. Dengan berbekal 10 gelas bekas air mineral, atau 5 botol sedang dan botol air mineral  1liter, kalangan baik warga Surabaya maupun luar kota Surabaya dapat berkeliling kota Surabaya.

Bagi kalangan masyarakat memang tidak harus membawa botol untuk naik bus jika sebelumnya sudah menukarkan botol plastik jumlah yang ditentukan  dengan Kartu Setor Sampah (KSS) di Terminal Purabaya Surabaya dan Halte Rajawali Surabaya. Pada KSS secara totalitas tersedia 21stiker yang setiap dipakai akan diplong seperti tiket Kereta Api.

Realitas Bus dengan bayar botol plastik memang suatu hal yang uniek namun tidak semua kalangan warga Surabaya menyadari upaya pemberdayaan sampah plastik untuk kepentingan transportasi kota.

"Bagaimana ini masak orang kerja suruh membawa botol" demikian keluh seorang warga masyarakat Surabaya ketika ditolak tidak boleh naik Suroboyo Bus karena tidak membawa sejumlah botol yang ditentukan. Namun juga tidak sedikit yang siap dengan botol plastik sesuai jumlah yang ditentukan dengan sabar menunggu di salah satu dari puluhan halte yang tersebar di wilayah jalan kota Pahlawan Surabaya.

Dalam  usianya yang hampir dua tahun Suroboyo Bus pada bulan-bulan pertama kurang diminati warga Surabaya namun pada beberapa bulan terakhir mulai banyak diserbu warga Surabaya utamanya pada hari libur baik perorangan maupun kelompok atau komunitas masyarakat.

Armda Suroboyo yang kini jumlah  10 unit lebih disamping dilengkapi fasilitas AC, Full musik dan Vidio juga tidak terlepas aplikasi sesuai tuntutan era digital. Dengan melihat aplikasi perangkat Hanphone warga masyarakat yang menunggu di halte tertentu dapat melihat keberadaan posisi Suroboyo Bus sampai di halte mana.

Sebagai warga Surabaya khususnya dan Jawa Timur umumnya mari terus bersyukur dan berdoa semoga Suroboyo Bus tetap lestari dan jaya serta terus ditambah armadanya agar kurun waktu menunggu tidak sampai setengah jam. Beli benik dan spirtus di terminal Joyoboyo, Ke Gresik lewat kawasan Taman..Naik Bus Suroboyo asyik dan nyaman..Adem Ngantuk ..Rek. (Km).

Posting Komentar

0 Komentar