APENSO INDONESIA

header ads

HAKIKAT TOBAT

Keagamaan:
HAKIKAT TOBAT
Oleh: Agung Santoso
Director of Religious Education
APENSOINDONESIA.COM


Bismillahir rahmanir rahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, kaum muslim dimana saja panjenengan berada baik dalam komunitas grup atau tidak hari ini sabtu 25 Mei 2019, kita memasuki 20 Ramadhan.

Jejak rekam sejak satu ramadhan hanya kita dan Allah Swt yang mengetahui baik secara lahir dan batin. Jika pada hari ini kita libur untuk bekerja atau tidak full jam kerjanya, disarankan kita koreksi lembaran ibadah yang kita lakukan. Sambil terus mohon ampunan dengan mengucap Ya Allah wahai dzat yang maha segalanya, aku bertobat dengan sepenuh hati tidak akan mengulangi perbuatanku yg telah melanggar laranganMu.

Kaum muslim yang selalu merindukan surga dan bermohon dijauhkan dari api neraka, berkenaan dengan tobat kita kenal Ibnu Taimiyah, beliau menulis dalam kitab nasihat mengangkat topik Hakikat Tobat.
TOBAT ADALAH kembali dari dosa menuju ketaatan.Tobat yg disyariatkan adalah kembali kepada Allah.Mengerjakan sesuatu yang diperintahkan dan sesuatu yg dilarang.

Tobat tidak hanya meninggalkan keburukan keburukan, sebagaimana diduga oleh banyak orang bodoh.Mereka hanya membayangkan tobat dari kejelekan,kekejian dan kezaliman yg dilakukan oleh seorang hamba.
Bahkan bertobat karena telah meninggalkan kebaikan kebaikan kebaikan adalah lebih penting dari pada tobat karena telah mengerjakan keburukan keburukan.

Contoh bertobat meninggalkan kebaikan kebaikan, yakni meninggalkan sholat fardhu karena kesibukan dunia.
Kebanyakan orang sering kali meninggalkan perintah Allah, boleh jadi mereka tidak mengetahui bahwa hal itu diperintahkan kepada mereka, atau mengetahui kebenaran namun tidak mengikutinya,maka mereka pun menjadi tersesat karena tidak memiliki ilmu yg bermanfaat, atau boleh jadi dimurkai karena melawan kebenaran yg sebenarnya diketahui. (20 Ramadhan – 55 bersambung, 25 Mei 2019)

Agsa

Posting Komentar

0 Komentar