APENSO INDONESIA

header ads

HAL-HAL YANG MEMBUAT AMAL SIA-SIA

Bagian 39 - Bersambung

HAL-HAL YANG MEMBUAT AMAL SIA-SIA  

Oleh: Agung Santoso
Director of Religious Eduction
APENSOINDONESIA.COM


Bismillahir rahmanir rahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, kaum muslim yang berada di bumi Allah Swt. Hari ini kita memasuki  4 ramadhan, sedang untuk penanggalan masehi 9 Mei 2019. Tidak ada perbuatan yang disukai oleh Allah di bulan ramadhan, kecuali hamba-hambaya yang tekun dan rajin menjalankan banyak ibadah dan amalan-amalan agar menjadi orang-orang yang beriman dan bertakwa.

   Berkenaan dengan amalan, Imam Al-Ghazali di dalam buku Kitab Nasihat mengingatkan tentang Hal-hal yang Membuat Amal Sia-Sia.

   HAL-HAL yang merusak dan membuat amal sia-sia itu banyak tak terhitung.Persoalannya bukan pada amal itu sendiri. Melainkan pada pemeliharannya dari sesuatu yang dapat merusak dan membuatnya sia-sia.

   Riya sekalipun samar, menjadikan amal sia-sia. Jenis riya itu amatlah banyak. Ketidakterikatan amal dengan tuntutan sunnah juga menyebabkan sia-sia. Amal dapat rusak oleh gerak hati yang mengungkit ungkitnya kepada Allah.
 
     Demikian pula mengungkit-ungkit sedekah, kebaikan, ketaatan, kemurahan, dan menyambung kekerabatan dapat merusak amal-amal tersebut, sebagaimana firman-Nya, ‘’Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebut dan menyakiti (perasaan si penerima)’’ (QS.Al-Baqarah: 264)

     Kebanyakan orang tidak mengerti akan perbuatan-perbuatan buruk yang dapat menjadikan perbuatan-perbuatan baik sia-sia.(39-bersambung, 4 Ramadhan, 9 Mei 2019)

AgSa

Posting Komentar

0 Komentar