APENSO INDONESIA

header ads

I K H L A S

Bagian 38 - Bersambung

I K H L A S

Oleh: Agung Santoso
Director of Religious Education
APENSOINDONESIA.COM

Bismillahir rahmanir rahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, kerabatku, sahabatku, temanku dan semua umat Islam di mana saja berada, izinkan kami mengucapkan selamat menunaikan Puasa Ramadhan pada hari kedua, yang diawali dengan makan sahur, setelah itu membaca Al-Quran, Sholat Subuh, Sholat Dhuha, mulai beraktivitas.

   Saudaraku yang dimulyakan Allah, Ulama besar Imam Al-Ghazali dalam Kitab Nasib mengingkatkan kita tentang Iklas, berikut pemikiran beliau :

   IKHLAS adalah tema yang mendasari berdirinya pendidikan Islam. Allah SWT telah memerintahkan untuk ikhlas dalam menjalankan agama. Allah berfirman, "Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama'. (QS. Al-Bayyinah: 5).

  Ikhlas adalah memurnikan amal dari segala cacat, baik sedikit maupun banyak, sehingga tujuannya hanya untuk Allah. Mendekatkan diri kepada-Nya, hingga tidak ada faktor lain bagi yang mendorong amal selain keikhlasan. Ikhlas membersihkan pelakunya dari riya, munafik dan beramal karena orang lain.(38-bersambung-2 Ramadhan-7 Mei 2019)

Agsa

Posting Komentar

0 Komentar