APENSO INDONESIA

header ads

JALAN MENUJU RENDAH HATI

Bagian 40 - Bersambung

JALAN MENUJU RENDAH HATI

Oleh: Agung Santoso
Director of Religious Education
APENSOINDONESIA.COM


Bismillahir rahmanir rahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, kerabatku, sahabatku, temanku dan semua umat Islam di mana saja berada, izinkan kami mengucapkan selamat menunaikan Puasa Ramadhan pada hari kelima, yang diawali dengan makan sahur, setelah itu membaca Al-Quran, Sholat Subuh, Sholat Dhuha, mulai beraktivitas.

   Saudara kaum muslim, Imam Al-Ghazali dalam Kitab Nasihat mengajak kita semua untuk selalu koreksi diri, kali ini beliau menulis Jalan Menuju Rendah Hati.

    KEYAKINANMU dalam dirimu bahwa kau lebih baik daripada orang lain adalah kebodohan. Semestinya kau melihat orang lain bahwa ia lebih baik daripada dirimu dan memiliki kelebihan atas dirimu.

   Jika kau melihatnya masih muda, kau mestinya berucap, ''Maksiat orang ini pastilah sedikit daripada diriku. Tentulah dia lebih baik daripada diriku''. 

   Jika kau melihatnya lebih tua, kau mestinya berujar, ''Orang ini sudah lebih lama menyembah Allah. Tentulah ia lebih baik daripada diriku.

   Jika ia alim, aku mestinya berkata, ''Orang ini diberi ilmu yang tidak aku miliki. Dia mencapai apa yang tidak kucapai dan mengetahui yang tidak aku ketahui.Lalu bagaimana aku menjadi seperti dirinya''.

   Jika ia bodoh, kau mestinya berkata, ''Orang ini mendurhakai Allah karena tidak tahu. Sementara aku menduharkai-Nya kerena pembangkangan. Tindakan Allah atasku tentu lebih keras, dan aku tidak tahu dengan kondisi apa Dia mengakhiri hidupku?''. (40-bersambung-5 Ramadhan-10 Mei 2019).

AGSA

Posting Komentar

0 Komentar