APENSO INDONESIA

header ads

MEMILIH TEMAN

Bagian 32 - Bersambung

MEMILIH TEMAN

Oleh: Agung Santoso
Director of Religious Education
APENSOINDONESIA.COM

      Bismillahir rahmanir rahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  mari kita terus berzidkir tanpa batas sesuai kemampuan kita. Ibarat seorang anak lagi merantau selalu ingat kedua orang tua serta saudara, sahabat dan teman. Apalagi kita yang diberi semua kenikmatan sejak lahir, sekolah, mencari kerja, menikah, dsb. Tidak terhitung nikmat Allah.

        Saudaraku kaum muslim, ulama besar Al-Harits Al-Muhasibi dalam kitab nasihat menulis judul tentang bagaimana Memilih Teman?  berikut nasihat beliau:

         LIHATLAH siapa yang akan menjadi tetangga, harus mencari tempat tinggal. Carilah siapa yang akan menjadi pendamping, kemudian mulailah melakukan perjalanan.

         Waspadalah berteman dengan pendengki, karena ia selalu melawan Allah dalam takdir-Nya.Janganlah berteman dengan seorang yang suka menggunjing, mengada-ada, berdusta, mengadu dombaa, bermuka dua, menjilat, dan munafik. Jauhilah mereka semua. Karena mereka adalah cela di dunia dan siksa di akherat.

         Janganlah berteman kecuali dengan orang yang beriman nan tulus. Sungguh waspadai orang-orang pada masamu, terutama dirimu sendiri. Karena ia merupakan musuh yang tersembunyi.Waspadai iblis dan pasukannya.Waspadalah selalu dalam urusanmu. (32-bersambung).

AGSA

Posting Komentar

0 Komentar