APENSO INDONESIA

header ads

PERLU PELIDUNGAN PEKERJA INFORMAL

Opini:
PERLU PELIDUNGAN PEKERJA INFORMAL
Oleh: Gempur Santoso

Namanya Joi. Begitu jawabnya yang tidak memberi nama lengkapnya. Anda bisa mengerjakan yang mana?. Semua bisa, jawab Joi. Oke. Joi ini tukang bangunan. Bisa membuat rumah, renovasi rumah atau apa saja urusan bangungan rumah.

Iklan promosonya di OLX "siap mengejakan mendadak cepat selesai". Nah terutama rumah yang ditempati, renov, cocok, karena cepat selesai.

Joi usianya sekitar 26 tahun. Dia bertiga usianya hampir sama. Semua bisa nukang (ngerjakan) bangunan. Koordinasi sebentar langsung kerjakan. Tahu tugas masing masing. Tahu cara mengenjakan pekerjaan yang dihadapi masing masing.

Siapa pun yang dapat job dikerjakan bersama. Ini adalah kerjasama dan bersama. Kerjasama job, pekerjaan dan pendapatan. Mereka  mampu prediksi suatu job dikerjakan butuh waktu berapa hari. Rata rata penghasilan perorang sekitar Rp. 150 ribu. Tentu harus pandai prediksi kalkulasi pengerjaan suatu pekerjaan. Biar tak rugi.

Mereka bertiga tiada henti. Dari job satu ke jobs lainnya. Pekerja informal yang kurang mendapat perlidungan atau fasiltas pemerintah. Tak dilindungi UMK, THR, asuransi dan lain lain fasilitas program pemerintah.

Selamat bekerja. Semoga pekerja informal ke depan mendapat perlindungan dari pemerintah.
Rukun agawe santoso. Sejahtera bersama. Joi...
(GeSa)

Posting Komentar

0 Komentar