APENSO INDONESIA

header ads

BERSUCI ADALAH SEPARUH IMAN

Keagamaan:


BERSUCI ADALAH SEPARUH IMAN
Oleh: Agung Santoso
Director of Religious Education
APENSOINDONESIA.COM

Bismillahir rahmanir rahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, kerabatku, sahabatku, temanku dan semua umat Islam di mana saja berada, kami terus mengajak tetap konsisten dalam menyucikan diri, meski Ramadhan telah berlalu. Segala ibadah yang kita lakukan, kita jaga hingga Ramadhan yang akan datang jika kita masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk bersua Ramadhan 1441 H, tahun 2020.

Kaum muslimin dan muslimat Imam Al-Ghazali dalam Kitab Nasihat memberikan jalannya pikirannya kepada kita semua tentang Bersuci Adalah Separuh Iman. Mari kita simak jalan pikiran beliau seorang alim yang iklas untuk memperbaiki kondisi masyarakat.

MAKSUD SABDA NABI SAW, ”Bersuci adalah separuh dari Iman”. Bukanlah memperindah fisik dengan cara membersihkan dan menyiramnya dengan air, sementara batin runtuh dan membiarkannya penuh dengan sampah dan kotoran.Jauh! Jauh sekali.

Bersuci itu ada empat tingkatan : 1.Menyucikan fisik dari hadas, najis dan kotoran. 2.Menyucikan anggota tubuh dari dosa. 3.Menyucikan hati dari akhlak tercela dan sifat nista yang dibenci. 4.Menyucikan bisikan dari selain Allah. Inilah kesucian Nabi dan Shiddiqin. Bersuci pada setiap tingkatan tersebut merupakan amal dari tingkatan itu.(66-bersambung-5 Juni 2019)

Agsa

Posting Komentar

0 Komentar