APENSO INDONESIA

header ads

DALIL KEBENARAN DIUJI TOGA WARNA HITAM

Opini:


DALIL DIUJI KEBENARAN TOGA WARNA HITAM
Oleh: Gempur Santoso

Rumus adalah dalil. Dan dalil adalah rumus. Manusia manusia pakai toga hitam membuktikan dalil. Membuktikan kebenaran. Kebebaran empiris dunia.

Manusia manusia bertoga hitam. Dalam sidang, mahkamah atau pengadilan. Menguji dalil. Menguji kebenaran empiris. Atas kasus kejadian yang didalilkan.

Manusia manusia bertoga hitam. Melakukan sidang senat terbuka. Wisuda. Mengukuhkan para ilmuwan. Sesuai bidang keilmuan. Ilmuwan "manusia berilmu" yang telah menemukan ilmu dangan metodologi penelitian. Telah melakukan dengan metode ilmiah. Menemukan dalil kebenaran empiris dunia.

Toga hitam. Sebagai lambang, sebab telah dan dalam menguji keilmuan yang telah dibuktikan dan akan dibuktikan kebenarannya. Dalil yang telah teruji dan dalil yang diuji.

Menguji dalil hampir mirip menguji karya ilmiah/penelitian. Dalil diuji ada yg jenis kualitatif dan kuantitatif. Kapan kualitatif kapan kuantitaif? Tergantung dari jenis data atau faktanya. Riset kualitatif ataupun kuantitatif merupakan siklus ilmiah saling berkesinambungan. Biasa disebut
scientific wheel.

Toga hitam lambang manusia manusia berilmu. Warna hitam adalah warna dasar melambangkan dasar kebenaran yakni ilmu.

Toga hitam jika sekadar lambang tanpa makna, maka munculnya juga sekadar simbolis kebenarn palsu. Kebenaran palsu kebenaran yg terlepas hukum hukum alam.


Itu, seperti anak anak TK/PAUD, kini saat kelulusan ikut ikutan wisuda pakai toga warna hitam. Seolah berilmu. Padahal masih proses menjadi ilmuwan....yg belum bisa komit pada kebenaran.

Pembela yg benar bukan pembela yg bayar.
(GeSa)



Posting Komentar

0 Komentar