APENSO INDONESIA

header ads

N. I. A. T

Keagamaan:
N I A T
Oleh: Agung Santoso
Director of Religious Education
APENSOINDONESIA.COM


Bismillahir rahmanir rahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, hari ini 14 Juni 2019, merupakan Jumat kedua setelah hari raya Idul Fitri 1440 H, wajib hukumnya bagi kaum laki-laki untuk sholat Jumat bila tidak ada uzur, dan tidak wajib bagi perempuan untuk tidak melakukan shalat Jumat.

Mari kita terus konsisten dalam bahu membahu, tegur sapa, saling mengingatkan jika waktu mendekati masuk sholat Jumat, bergegas-gegas menuju masjid, mengambil air wudhu, sholat Tahayitul Masjid hingga menunggu Khatib naik mimbar sambil berdzikir kepada Allah SWT, mendengarkan ceramah tidak mengantuk hingga tuntas.

Kaum muslimin dan muslimin Ibnu Taimiyah dalam Kita Nasihat menulis tentang apa itu Niat, mari kita simak bersama-sama tulisan beliau.

MENURUT KESEPAKATAN ULAMA, tempat niat adalah hati. Jika seorang berniat dengan hatinya dan tidak melafalkannya maka itu sudah cukup menurut kesepakatan mereka.Karena tidak riwayat dari seorang pun, baik nabi, para sahabat dan tabiin, bahwa beliau melafalkan niat, baik dalam shalat, bersuci, maupun puasa. (seri 75-bersambung 14 Juni 2019).

MARI KITA RENUNG FIRMAN ALLAH :

SURAH 29, AL-ANKABUT,AYAT 57 : ‘SETIAP YANG BERNYAWA AKAN MERASAKAN MATI, KEMUDIAN HANYA KEPADA KAMI KAMU DIKEMBALIKAN’’ (Allah dalam firmannya mengingatkan kita jangan lupa bahwa kehidupan dunia adalah fana, kamu pasti akan mati, yang kekal adalah di akherat, kapan kita meninggal itu hak Allah sepenuhnya, kita tinggal mempersiapkan bekal ibadah selama hidup).

Agsa

Posting Komentar

0 Komentar