APENSO INDONESIA

header ads

"OBAT NYAMUK" PEJODOHAN LEBARAN

Sosial:

"OBAT NYAMUK" PEJODOHAN LEBARAN
Oleh: Gempur Santoso


Tetangga tempat saya mertamu ini cukup banyak tamu. Di pelosok desa di Kediri. Seorang janda sekitar usia 75 tahun. Sejak belum menjada dulu memang pekerjaan tambahannya sebagai dandan (biro jodoh/makjomblang atau anak sekarang nyebut "obat nyamuk").

Namanya mbah bayan. Almarhum suaminya dulu sebagai bayan (perangkat desa). Para tamu di hari lebaran, mereka yg telah dapat jodoh sudah hidup mapan. Silaturohom ke mbah bayan wedok (nenek bayan putri).

Saat ini mbah bayan wedok masih sering dimintai tolong mencarikan jodoh. Gratis, seihlasnya. Tentu saat dapat menjodohkan sijoli, akan mendapat ngunduh wohing pakerti (bonus) dari yg dibantu. Tetap tidak narif, seikhlasnya. Bahkan sambung, sampai kapan pun. Lebaran pun masih di kunjungi yg pernah ditolongnya.

Mbah bayan wedok, kemana mana naik sepeda onthel. Membawa foto calon. Mertamu ke orang orang punya anak bujang yg dianggap sudah menenuhi syarat omah omah (berumah tangga).

Kami terus berkeliling silturohom ke sanak famili. Selsma 4 hari. Antar kota dalam provinsi. Tibalah ke famili kunjungan terakhir. Di Sekardangan, Sidoarjo. Di perumahan.

Kok ramai. Ada musik elekton. Mirip pesta. Ternyata juga urusan perjodohan. Sedang nontoni (melihat) akan menjodohkan putra dan putrinya.

Pada rumah tetangga yg kami menamu. Pindahan dari Jakarta. Sekitar 3 tahun tinggal di Sekardangan, Sidoarjo. Punya 2 orang anak, putra dan putri, Sudah waktunya nikah, tapi belum punya calon. Dua orang putra putrinya masing masing sudah menginjak usia hampir 30 tahun. Semua sudah bekerja. Dengar dengar sudah mapan.

Beberapa teman ortunya. Punya anak putri akan dijodohkan dg putranya cowok. Dan, teman otunya ada yg punya anak cowok akan dijodohkan dg putrinya.

Para calon yg akan dijodohkan diundang ke Sekardangan. Dipaskan lebaran. Pesta lebaran. Para famili diundang. Agar 2 pasang yg akan dijodohkan dapat saling berkenalan.

Selanjutnya saya kurang tahu. Apakah, 2 pasang tahap awal perkenalan "bisa klik" (chemistry)?.

Ya jaman modern. Walau sudah jaman android. Perjohan pun masih jadi masalah, perlu diselesaikan. Caranya unik ada juga yg tidak unik. Perkenalan jodoh pun perlu perta seperti hajatan.

"Obat nyamuk" perjodohan tampaknya tetap penting. Tanpa perjodohan populasi manusia akan punah.
(GeSa)

Posting Komentar

0 Komentar