APENSO INDONESIA

header ads

TAWADUK KEPADA PARA PEMBESAR

Keagamaan:

TAWADUK KEPADA PARA PEMBESAR
Oleh: Agung Santoso
Director of Religious Education


Bismillahir rahmanir rahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, kaum muslim yang berada di bumi Allah Swt. Hari ini kita memasuki 4 Syawal, sedang untuk penanggalan masehi 7 Juni 2019. Selamat menikmati Idul Fitri sambil membangun tali silaturachmi dengan para kerabat, para sahabat, para teman dengan tujuan mendulang pahala sebanyak mungkin. Jangan lupa puasa Syawal enam hari setelah satu syawal boleh dilakukan berturut turut atau tidak berturut-turut yang penting di bulan Syawal.

Kaum muslimin dan muslimat mari kita renung goresan pena yang dituangkan dalam bentuk buku Kitab Nasihat oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dengan topik Tawaduk Kepada Para Pembesar.

APABILA KAU TAWADUK kepada kaum saleh, berarti kau tawaduk kepada Allah. Tawaduklah ! Karena orang yang tawaduk akan Allah angkat derajatnya.

Perbaguslah tata krama dihadapan yang lebih besar daripada dirimu. Bukan hanya yang lebih besar secara usia, melainkan juga yang sekaligus bertakwa; dalam melaksanakan perintah dan menjauhi larangan, serta memegang teguh kitab dan sunnah. Jika tidak, betapa banyak orang tua yang tidak boleh menghormat dan berucap salam kepada mereka,serta tidak keberkahan dalam memandangnya.

Para pembesar adalah mereka yang bertakwa, saleh, mengamalkan ilmu, dan ikhlas dalam beramal. Para pembesar adalah mereka yang hatinya mengenal Allah dan dekat dengan-Nya. Semakin banyak ilmu hati, semakin dekatlah hati itu dengan Tuhannya.(68-bersambung-7 Juni 2019)

Agsa

Posting Komentar

0 Komentar