APENSO INDONESIA

header ads

U L A M A

Keagamaan:

U L A M A
Oleh: Agung Santoso
Director of Religious Education
APENSOINDONESIA.COM


Bismillahir rahmanir rahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, saudaraku kaum muslimin dan muslimat, hari ini ahad 9 Juni 2019, terus kita berbenah pasca Ramadhan dengan ibadah dan amalan-amalan yang telah kita lakukan, kita jaga secara konsisten hingga ketemu Ramadhan 2020, jika Allah SWT menghendaki kita masih hidup, kalau Allah berkehendak lain itulah Kekuasaan Allah kapanpun bisa terjadi.

Saudaraku yang dimulyakan oleh Allah SWT, dalam Kitab Nasihat Al-Harist Al-Muhasibi mengangkat topik tentang Ulama, mari kita simak nasihat beliau.

AL-MUHASIBI memandang bahwa kebaikan umat dan kerusakannya adalah tergantung baik dan rusaknya para ulama. Beliau berbicara tentang dua golongan ulama : Kelompok Ulama yang menjadi perantara kebahagiaan umat dan kelompok Ulama yang merelakan dunia sebagai pengganti akherat.

Beliau kemudian memerinci pembahasan tentang kelompok kedua ini supaya orang-orang mewaspadai dan menjauhinya. Merekalah para khalifah dan dai-dai Iblis. (70 –bersambung, 9 Juni 2019).

AGSA

Posting Komentar

0 Komentar