APENSO INDONESIA

header ads

KARYA SENI MAHASISWA UNIPA SURABAYA

Berita Pendidikan Seni:

KARYA SENI MAHASISWA UNIPA SURABAYA
Oleh: Gempur Santoso






APENSOINDONESIA.COM ----- Beberapa karya seni ini indah. Menurut penglihatan saya. Ada: patung, ukir, lukis dan berbagai skraf karya seni dekoratif kebutuhan rumah tangga. Semua itu dibuat di lab/sanggar seni rupa.

Bahan tanah liat, ada yg semen, ada yg kayu. Juga lukis. Semua proses pembuatan di sanggar ini. Dari sejak bahan baku (row merial), dibentuk, sampai jadi.

Untuk karya seni berbahan tanah liat pun dibakar di sebalah sanggar. "Untuk memperhalus permukaan sebuah karya dari tanah liat menggunakan minyak tanah". Kata mahasiswa yg sedang membuat karya bentuk kodok dari tanah liat. Kata saya: wow membuat patung cebong ya..., kok nggak buat pasangannya kampret... Kelakar saya.

Minyak tanah dioleskan dipermukaan. Diremat diplurut menggunakan tangan. Semua karya seni ini menggunakan tangan. Dengan peralatan manual. Karya tangan  ini, tidak ada duplikat. Satu karya, hanya ada satu di dunia. Satu sama lain pasti beda.

Semua karya ini dibuat oleh mahasiswa prodi seni rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Para mahasiswa ini total berkarya seni. Bahkan tak kenal waktu berkaya seni di sanggar seni rupa kampus ini.

Sayang....belum dijual secara modern di jaman online marketplace yg sudah masif.

Lihat beberapa foto yg sempat saya jepret. Di atas.
(GeSa)


Posting Komentar

0 Komentar