APENSO INDONESIA

header ads

NASI BURANAN KULINER KHAS LAMONGAN

Berita Sosial Kuliner:



NASI BURANAN  KULINER KHAS LAMONGAN
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism

APENSOINDONESIA.COM ----- Salah satu kuliner khas Lamongan, Nasi Buranan yang juga disebut Nasi Buran. Kata Buran menurut Bu Ita salah seorang penjual nasi buranan sejak 5 tahun lalu, berasal dari nama tempat kebutuhan pangan seperti beras yang terbuat dari anyaman bambu. "Buran sekarang banyak dipakai penjual nasi buran untuk tempat nasi baik nasi putih maupun nasi jagung " Jelas Bu Ita yang sebelum hanya menjual nasi buranan dirumah dan hanya berdasarkan pesanan.

Berbicara lauk  pauk menurut Bu Ita dalam sajian Nasi Buranan, sebenarnya cukup banyak dan beragam mulai dari tahu,sayur hingga aneka ikan. "Memang nasi buranan yang khas memakai Ikan Sili (ikan laut ikan Pe) tapi dalam perkembangannya ikan apa saja ada dari Ikan Bandeng, Otak-otak, Gabus, Udang, sampai Telur.. ya tergantung permintaan pembeli " Ujar Bu Ita yang berjualan mulai jam 07.00 hingga 17.00 Wib.

"Ciri khasnya selain ada Bumbu seperti masakan Bali juga ada peyek dan Begedel dari bahan Singkong yang dicampur tepung" Imbuhnya sembari memperlihatkan bentuk ikan Sili.Terkait harga menurut Bu Ita, sangat bervariasi dan tergantung lauk pauk yan dimakan.

"Memang kisaranya dari 10 hingga 20 Rupiah dan belum termasuk minumnya" Kata Bu Ita yang mengungkapkan setiap hari mampu menjual 25 Kilogram beras. Dan, yang membanggakan pada bulan Ramadhan setiap hari menghabiskan 50 Kilogram beras.

Km

Posting Komentar

0 Komentar