APENSO INDONESIA

header ads

PENGETAHUAN BIASA, ILMU DAN FILSAFAT

Opini Pendidikan Filsafat:

PENGETAHUAN BIASA, ILMU DAN FILSAFAT
Oleh: Suryadi
Director Education
APENSOINDONESIA.COM


Pengetahuan biasa, jika orang yang tahu itu tidak amat mengutamakan kebenarannya, tidak mencari apa sebabnya demikian dan harus demikian, yang terutama dipentingkan ialah kegunaannya. Contoh kalau saya tahu, bahwa air jika dipanaskan mendidih, maka pengetahuan itu saya pergunakan jika hendak memasak. Pengetahuan itu dipergunakan dalam rumah tangga. Orang tidak tahu  benar mengapa air itu mendidih kalau dipanasi.

Kalau orang hendak tahu sebab-sebabnya dan mencari keterangan yang menyeluruh serta diusahakan sekali supaya mencapai kebenaran, maka adalah ilmu dengan sifat dan cara kerja ilmiah. Namun ilmu itu selalu berkisar dan daripada itu membatasi diri pada pengalaman. Contoh obyek air itu diselidiki sepenuhnya atau dalam keseluruhannya. Dan seterusnya seperti kita ketahui dalam penyelidikan yang kita sebut ilmu alam.

Kalau renungan manusia itu mengatasi pengalaman, sehingga boleh dikatakan bahwa ia dalam usahanya untuk tahu itu mencari keterangan sedalam-dalamnya, maka adalah filsafat. Contoh filsafat alam (cosmologia), filsafat manusia (anthropologia metaphysica ), filsafat budi (logica).

Posting Komentar

0 Komentar