APENSO INDONESIA

header ads

TAMAN BUDAYA JATIM SEBAGAI ETALASE EDUKASI SENI BUDAYA

BERITA:

TAMAN BUDAYA JATIM SEBAGAI ETALASE EDUKASI SENI BUDAYA
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism


APENSOINDONESIA.COM ----- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Sunarto mengungkapkan, pengembangan Taman Budaya Jatim di era sekarang ini tidak hanya diarahkan menjadikan seniman semakin profesional melainkan juga memberikan pemantapan edukasi
pemahaman dan pembinaan kesenian. "Persoalan edukasi pembinaan kesenian di Taman Budaya Jatim secara non formal terdapat wadah pelatihan dan pembinaan kesenian dari Tari hingga lukis yang melibatkan pelajar dari jenjang SD hingga SMA " Ujar Sinarto sembari menambahkan wadah pembinaan kesenian tersebut mampu meningkatkan dan menambah ketrampilan para pelajar dalam berolah seni.

Terkait dengan pengembangan pelaku seni (Seniman) Sinarto berkeinginan, Taman Budaya Jawa Timur memacu keberadaan seniman lebih maju dan profesional. Untuk itu diperlukan kolaborasi melalui program Festifal Seni yang melibatkan peserta dari dalam dan luar daerah Jawa Timur. "Beberapa tahun lalu TBJ pernah memiliki berbagai program Festifal Seni diantaranya Cak Durasi yang diikuti peserta dari luar daerah Jawa Timur bahkan luar negeri, kedepan perlu program semacam agar pelaku seni di Jawa Timur memiliki pembanding dalam menggapai prestasi yang lebih baik..ibarat olah raga tinju ada Sparing partner " Urai Sinarto sembari menambahkan  dengan memiliki sparing partner jika bertanding tidak hanya dapat mempelajari  kekuatan lawan namun kemampuan diri sendiri.

Menurut Sinarto,Taman Budaya Jatim harus mampu menjadi rumah kedua bagi seniman. "Memang program Taman Budaya Jatim selama sudah bagus tapi karena tantangan seniman ke depan lebih berat salah satunya harus memacu dan mendorong pelaku seni di Jawa Timur terus maju baik itu Seni lukis,Tari,maupun musik dan seni pertunjukan -Teater," Tandas Sinarto mantap.(Km)

Posting Komentar

0 Komentar