APENSO INDONESIA

header ads

ALAT MUSIK TRADISIONAL BUNDENGAN

Berita Pendidikan:





ALAT MUSIK TRADISIONAL BUNDENGAN
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism


APENSOINDONESIA.COM ----- Alat musik tradisional khas Wonosobo Jawa Tengah yang dikenal dengan Bundengan merupakan salah satu alat musik uniek dari 263 alat musik tradisional nusantara peserta Pameran Alat Musik Tradisional di Museum Empu Tantular Jawa Timur Buduran Sidoarjo dari 14 Agustus hingga 14 September 2019.

Menurut Kasi Pelayanan Museum Ranggawarsita Semarang Nur Iman ketika dikonfirmasi mengatakan, alat musik tradisional Bundengan telah menjadi koleksi Museum Ranggawarsita puluhan tahun silam. "Alat musik tradisional Bundengan digunakan petani di daerah Wonosobo "ungkap Pak Nur sapaan akrab Nur Iman yang memandu Stand Museum Rangga Warsita Jateng.

Menurutnya,valat musik tradisional Bundengan terbuat dari kelopak bambu yang diberi senar dan bilah bambu. "Cara memainkannya dipetik dua tangan dan mengiringi tembang Jawa" Kata Pak Nur yang menambahkan awalnya Bundengan bukan alat musik namun alat berteduh petani atau penggembala bebek saat hujan yang disebut Kowangan.

Di era sekarang ini menurut Pak Nur, sudah jarang sekali digunakan jika ada hanya satu dua petani atau penggembala bebek yang termasuk kalangan tua. "Memang sepintas bentuknya seperti alat pembuang sampah dari anyaman bambu tapi ukurannya agak besar"Tutur Pak Nur Iman mantap. (Km)

Posting Komentar

0 Komentar