APENSO INDONESIA

header ads

PAMERAN NASIONAL ALAT MUSIK TRADISIONAL



PAMERAN NASIONAL ALAT MUSIK TRADISIONAL
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism


APENSOINDONESIA.COM ----- Kepala Museum Nasional Siswanto mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan dari jenjang SD hingga SMA untuk mengerahkan peserta didiknya memberikan apreasi Pameran Nasional Alat Musik Tradisional yang digelar setahun sekali. Pameran Nasional tahun ini diadakan di Museuum Empu Tantular Jawa Timur di Sidoarjo dari 14 Agustus hingga 14 September 2019 dibuka Sekretaris Pemerintah Propinsi Jawa Timur Heru Cahyono.

Menurut Kepala Museum Nasional, Pameran Nasional Alat Musik Tradisional Nusantara diikuti 31 peserta dari 27 Propinsi dengan 263 materi pameran."Tahun ini pengunjung hanya dapat mendengarkan alat musik tradisional tidak secara keseluruhan hanya sebagaian kecil " Tandas Siswanto sembari menambahkan tahun depan diharapkan peserta pameran menyertakan dokumen audio yang dapat dimonitor pengunjung.

Selain Pameran alat musik nasional seusai pembukaan diselenggarakan seminar Pesona Harmoni Nusantara dengan pembicara beberapa pakar seni musik diantaranya Purwacaraka.

Disisi lain juga diadakan lomba lukis bertema alat musik tradisional dan belajar sejarah di museum. "Belajar sejarah tidak terbatas pada mapel tapi sesuai keinginan pendidik yang diselaraskan potensi museum" ujar Siswanto yang mengagendakan pameran serupa tahun 2020 diAmbon Maluku. (Km)

Posting Komentar

0 Komentar