APENSO INDONESIA

header ads

PRAMUKA MERUPAKAN SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA


Pendidikan:
PRAMUKA MERUPAKAN SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism


APENSOINDONESIA.COM ------ Pelatih Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jatim. Kak Farida mengungkapkan, Gerakan Pramuka merupakan salah satu sumber Pendidikan Karakter Bangsa."Pramuka tidak hanya mengajarkan ketrampilan melainkan juga memberikan bekal pembinaan budi pekerti luhur" ungkap Kak Farida ketika ditemui pada Latihan Ketrampilan Mahir Dasar (LKMD) Pejabat Unipa  di Trawas Mojokerto. Kak Farida mengakui, proses pembinaan Pramuka selain terprogram juga berjenjang sesuai katagori usia.

"Jenjang usia SD pembinaanya disebut Siaga ,Usia SMP Penggalang dan Usia SMA-Mahasiswa  Penegak -Pandega " Ungkap Kak Farida sambil menambahkan Usia 25 tahun ke atas berhak disebut pembina. Menurut Perempuan yang pernah menjadi Guru itu, sebelum menyandang status Siaga, Penggalang, Penegak -Pandega harus melalui calon terlebih dulu.

"Setiap jenjang ada Pelatihannya semisal dari Penggalang maupun Penegak harus lewat semacam pelatihan atau ujian "Kata Kak Farida yang menambahkan dari status Penegak sudah diterapkan  Tri Bina Pramuka .

"Bina pertama itu jabaranya seorang Penegak itu harus mampu merancang dan meramu kegiatan, kedua menyangkut Bina diri dan ketiga bina masyarakat, sehingga Penegak dituntut dapat mewujudkan program bagi dirinya sendiri dan masyarkat" Kata Farida yang menyambut gembira adanya Perguruan Tinggi yang mengadakan Pelatihan Pramuka bagi pejabatnya. Perempuan Kelahiran Malang itu berharap, Pelatihan Kepramukaan bagi Pejabat Perguruan Tinggi semacam di Unipa nantinya diharapkan bermanfaat bagi gugus depan yang ada dan para mahasiswanya.

"Sebagai contoh di Unipa ada jurusan PGSD para pejabat telah mengikuti LKMD dapat memberikan penjelasan secara optimal Pramuka yang diajarkan di SD" tandas Kak Farida mantap. (KM)

Posting Komentar

0 Komentar