APENSO INDONESIA

header ads

TIGA KATA KUNCI SAKTI DALAM PERGAULAN

Opini:

TIGA KATA KUNCI SAKTI DALAM PERGAULAN
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism
APENSOINDONESIA.COM

Dalam merajut pergaulan antar sesama insan diperlukan kiat tersendiri jika ingin lestari dan abadi. Kiat tersebut tidak terlepas dari tiga kata yang memiliki makna mendalam yakni: Maaf, Tolong dan Terima kasih.

Apabila sudah memahami tiga kata itu niscaya dalam mengarungi kehidupan minimal mampu menepis badai sekaligus melewati dengan aman dan nyaman. Dari tiga kata kunci itu terkait kata maaf penjabarannya selain mampu meminta maaf jika melakukan kesalahan dan kekilafan juga memberikan maaf jika ada insan yang melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak. Sebesar apapun kesalahan kepada kita jika yang melakukan kesalahan meminta harus legawa. Karena Allah Maha Pemurah selalu memberikan maaf kepada insan yang melakukan kesalahan.

Kata Kunci kedua, tolong dalam arti seseorang insan yang membutuhkan pertolongan sekaligus merupakan  adab bagi seseorang yang ingin bantuan orang lain. "Tolong saya dibantu mendorong kendaraan saya yang mogok". Kata tolong sebenarnya memiliki konotasi pengharapan antar sesama insan.

Sebagai kata kunci penting, kata terima kasih bukan hanya mempunyai makna menghargai atas pemberian sesuatu dari orang lain namun terlebih dari seharusnya menerima juga mengasih yang setara saling memberi dan menerima. Naluri seorang meskipun kaya raya suka memberi tapi diapun juga suka jika diberi meski hanya sesekali. Semoga.

Km

Posting Komentar

0 Komentar