APENSO INDONESIA

header ads

DARWOTO KESULITAN MENCARI KADER PERSTORASI PH



DARWOTO KESULITAN MENCARI KADER PERSTORASI PH
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism


APENSOINDONESIA.COM --- Pekerjaan merestorasi Piringan Hitam sekaligus merekamnya ke Cassete Disk (CD)  tidak hanya memerlukan ketrampilan namun juga menuntut kepekaan dan kejelian. "Memang kelihatannya mudah hanya memindahkan dari piringgan  hitam ke jaringan komputer tapi ya perlu proses waktu dan pemikiran " Tandas Cak Dar sapaan Darwoto yang Nopember 2019 sudah purna tugas.

Darwoto yang berlatar job kerja teknik studio rekaman itu menggeluti pekerjaan Perestorasi Piringan Hitam sekaligus mempersiapkan hasil rekaman PH untuk CD atau Komputer jaringan Siaran RRI Surabaya ."Hasil lagu-lagu dari Piringan Hitam yang sudah saya rekam kembali disiarkan untuk Acara Lagu-lagu Legenda dan Acara Pustaka Pirinngan Hitam (PPH) setiap satu Minggu sekali " Jelas Darwoto yang juga dikenal perintis kegiatan Lintas Alam RRI Surabaya populer era 90 an .Berbicara kualitas PH menurut Darwoto yang merawat ratusan PH produksi tahun 60 hingga 80 an. Memang secara rata -rata cukup layak hanya saja perlu perangkat pemutar PH standart."Persoalannya sekarang ini mencari perangkat pemutar PH yang standar sangat sulit belum nanti kalau jarumnya patah,untuk beli penggantinya harus pesan dulu dan itu memakan waktu lama" Tutur Darwoto yang juga memiliki hobi Sepak Bola dan Tennes Lapangan.

Menyinggung mutu lagu-lagu yang terekam dalam PH dan masih menjadi koleksi RRI Surabaya ungkap Cak Dar, baik vokal maupun syair sebagaian besar berbobot dan masih layak didengarkan di era sekarang ."Penyanyi jaman dulu rata-rata suara bagus dan syair lagunya tema bervariasi baik lagu barat maupun Indonesia, sehingga layak melegenda " Ujarnya sembari menambahkan di era 90 an juga tidak sedikit musisi Surabaya Jawa Timur yang populer ditingkat Nasional seperti Koes Plus, Gembels, De Hand, Franki and Jane, Mus Mulyadi dan Gombloh.

Darwoto berharap, kader penerusnya dalam menangani persoalan perestorasi PH selain terampil juga mampu membenahi hasil transfer PH untuk materi siaran secara teliti dan selektifitas."Sebenarnya intinya bekerja dan belajar, belajar tanpa putus asa, tiada kata sulit jika kita mau belajar " Tandas Darwoto yang menyukai Lagu Pop dan Dangdut. (Km)

Posting Komentar

0 Komentar