APENSO INDONESIA

header ads

BRANDING SEKOLAH

Opini:

BRANDING SEKOLAH
Oleh: H. Banu Atmoko
Guru
APENSOINDONESIA.COM

Ibaratnya, brand bagi sebuah perusahaan adalah reputasi bagi seseorang. Meskipun Anda mungkin menemukan beberapa hal yang membuat Anda tertarik dengan seseorang, namun untuk menciptakan hubungan yang mendalam, Anda haruslah memiliki nilai-nilai, peminatan, dan otentisitas yang sama. Hal yang sama juga berlaku bagi perusahaan.

Koneksi yang mendalam dan tahan lama hanya bisa terjalin jika pelanggan dan klien berbagi nilai dengan Anda. Maka, semakin baik Anda mendefinisikan nilai-nilai Anda, bertindak berdasarkan nilai-nilai tersebut, dan mengkomunikasikannya dengan pelanggan Anda, semakin dalam pula koneksi yang Anda ciptakan.

 Jangan anggap enteng brand, karena ia adalah aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan. Brand memberikan nilai, menciptakan diferensiasi dan mendapatkan hasil jangka panjang. Kenapa kami katakan demikian? Sebab, branding termasuk komponen penting yang ikut menentukan proses pengambilan keputusan membeli bagi pelanggan.

Brand yang baik akan menempatkan perusahaan/ produk Anda di atas para pesaing Anda, dan membantu Anda menjadi pilihan utama. Brand, jika dikembangkan dengan baik, pun dapat menjadi wadah tunggal untuk mempromosikan bisnis, merangsang pengalaman yang unik, menciptakan ikatan khusus dengan pelanggan, serta memelihara konsistensi dengan kualitas layanan yang ditawarkan.

Satu hal yang harus Anda pahami adalah, kita hidup dalam masyarakat yang berorientasi sensorik. Artinya, kita mendasarkan penilaian kita pada hal-hal yang dapat diterima panca indera kita, seperti stimulasi visual, rasa,  bau, sentuhan dan suara, dan kita melakukan ini bahkan di alam bawah sadar kita.

Jadi, kita sangat terbiasa mengait-kaitkan nama, kata ataupun simbol tertentu dengan harapan kualitas, konsistensi, layanan pelanggan dan lainnya. Mengapa kita harus memahami hal itu? Sebab, hal itu akan sangat membantu kita dalam membuat brand yang baik. Idealnya, brand akan menjadi kepribadian, karakter dan jiwa perusahaan Anda.

Brand akan menjadi perwujudan kepercayaan, antisipasi kualitas dan performa, serta yang paling penting, perasaan bahwa ini adalah identitas yang ingin Anda tunjukkan kepada pelanggan. Pengertian Inovasi adalah suatu proses dan/ atau hasil pengembangan pemanfaatan suatu produk/ sumber daya yang telah ada sebelumnya, sehingga memiliki nilai yang lebih berarti.

 Ada juga yang mengatakan arti inovasi adalah suatu pembaharuan terhadap berbagai sumber daya sehingga sumber daya tersebut mempunyai manfaat yang lebih bagi manusia.

 Proses inovasi sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan karena kedua hal tersebut dapat memudahkan dalam memproduksi sesuatu yang baru dan berbeda. Pada dasarnya manfaat inovasi adalah untuk menyempurnakan atau meningkatkan fungsi dari pemanfaatan suatu produk atau sumber daya sehingga manusia mendapatkan manfaat yang lebih. Inovasi terjadi di berbagai bidang kehidupan, mulai dari dunia bisnis, pendidikan, komunikasi, dan lain sebagainya.

Proses inovasi ini terjadi secara terus menerus di dalam kehidupan manusia karena adanya keinginan untuk melakukan sesuatu menjadi lebih mudah dan cepat. Salah satu contoh inovasi adalah perkembangan telepon yang berubah dan semakin canggih dari waktu ke waktu. Bila dulu telepon menggunakan kabel, saat ini telepon dapat dibawa kemana saja dengan fitur yang sangat lengkap.
Dalam menumbuhkan Sikap Manajerial  Yang Dimiliki Kepala Sekolah Sesuai Permendikbud. (Ba)


Posting Komentar

0 Komentar