APENSO INDONESIA

header ads

PENGRAJIN WAYANG KULIT RASYID YANG TERUS BERKARYA DAN BERKREASI

Berita seni wayang:

PENGRAJIN WAYANG KULIT RASYID YANG TERUS BERKARYA  DAN  BERKREASI
Oleh Kris Mariyono
Director Jurnalism.


APENSOINDONESIA.COM --- Sosok Rasyid yang dikenal sebagai pengrajin wayang kulit penuh pengalaman,malang melintang dari kota satu ke kota lainnya untuk berkreasi di ranah seni tatah Wayang Kulit. Rasyid yang sudah berkecimpung di ranahl pembuatan wayang kulit kurang lebih 30 tahun lebih tidak hanya menggunakan bahan kulit sapi juga Karton
 dan Alas Seng Talang. "Saya memang pernah membuat wayang  dari bahan kulit Sapi kemudian beralih ke bahan karton"Kata Rasyid penuh semangat.

Menurut Rasyid yang kini bermukim di Jember menggunakan bahan Karton sebenarnya kualitasnya tidak kalah dengan kulit sapi hanya saja kelemahanya jika kena air. "Dalam peresapan cat  Karton juga seperti kulit dan sangat cocok.untuk.hiasan dinding "Kata Rasyid yang menambahkan dari sisi harga wayang karton sangat terjangkau." Harga bahan kulit sekitar 400 dan bahan karton hanya 100 sampai 150 RIbu " Imbuhnya.

Dalam perkembangannya Rasyid menggunakan bahan pelapis talang yang karakter seperti bahan kulit sapi. ",Ya awalnya saya hanya coba-coba memakai bahan pelapis talang kemudian terus saya gunakan karena harganya tidak terlalu mahal " Beber Rasyid yang kini usianya sekitar 60 tahun. "Untuk hiasan dinding juga awet buat wayang pagelaran tidak masalah", Tutur Rasyid yang sering mendapatkan pesanan wayang dari dalang Surabaya dan sekitarnya. (Km)

Posting Komentar

0 Komentar