APENSO INDONESIA

header ads

NOVITA BERGELUT DENGAN SENI RUPA TANPA JENUH

Seni:



NOVITA BERGELUT DENGAN  SENI RUPA TANPA JENUH
Oleh: Kris Mariyono
Director Jurnalism


APENSOINDONESIA.COM --- Sosok Novita Sechan wanita kelahiran Sidoarjo ini tidak pernah jenuh berkomunitas dan berkarya di ranah seni rupa. Novi sapaan akrabnya alumni Program Studi Seni Rupa FKIP IKIP Negeri Surabaya sekarang Universitas Negeri Surabaya (UNESA) aktif berpameran berpameran  sejak duduk dibangku kuliah.

Perempuan kelahiran tahun 1976 itu seusai lulus kuliah tidak hanya sering  mengikuti Pameran bersama melainkan juga menjadi Pelaksana pameran lukisan di Sidoarjo dan Surabaya. Novi sejak sepuluh  terakhir berkecimpung di dunia Usaha Kecil Menengah (UKM) khususnya dibidang seni kerajinan kriya."Saya selain membuat kreasi seni kriya juga memberikan pelatihan dan memotivasi iibu-ibu membuat kreasi seni kriya yang dapat menambah penghasilan keluarga " Jelas Novi yang sering bermitra kerja dengan Kantor Kementerian Koperasi dan UKM.

Propinsi Jawa Timur. "Karya seni kerajinan kriya kreasi ibu-ibu  wadah kegiatan pameran nya di Graha Pamer Dinas Koperasi UKM Jatim dan pada Pameran UKM Prakarsa Pemprop dan Pemkot-pemkab se Jatim" ungkap Novi yang tercatat sebagai anggota Ikatan  Wanita Pelukis Indonesia (IWPI ) Jatim dan Komunitas Sekar Delta.

"Komunitas Sekar Delta itu wadah dari para pelukis Wanita yang ada di Sidoarjo yang tahun ini akan genap berusua 4 tahun dan kegiatannya pameran dan mendukung pengembangan seni lukis diSidoarjo" Tambah Novi yang pernah mempraksai pelaksanaan pameran wanita Pelukis Jawa Timur "Saronce Melati I dan II ".

Berbicara proses berkarya Novi tidak mengelak,sering beralih dari corak satu ke corak lainnya karena untuk memperkaya pengalaman."Saya memang pernah menampilkan dekoratif,abstrak,Impresionisme dan ekpresisionisme dan semuanya untuk menambah pengalaman selagi saya masih muda "  Tutur Novi yang tergabung dalam Adi Cipta Art Community. Ia berkeinginan, memiliki  sarana Galerry yang dapat  dimanfaatkan kegiatan pameran lukisan, kriya dan bisa sebagai tempat pelatihan ibu-ibu membuat kerajinan seni kriya termasuk souvenir segala keperluan hajatan.

"Saya berharap bukan seni lukis saja yang semakin maju tapi juga seni kriya" Tandas Novi yang pernah mendapatkan penghargaan Pratita Adi Karya tahun 1998 dan Simpati Prestasi 2001.Km

Posting Komentar

0 Komentar