APENSO INDONESIA

header ads

BEKERJA ITU BELAJAR

Opini:

BEKERJA ITU BELAJAR


Oleh : Gempur Santoso


Bekerja itu belajar dapat bayar. Sekolah, belajar tapi harus bayar. Kata "belajar" jika dilakukan akan membuat perubahan perilaku atas kebisaannya. Kapan belajar dapat bayar (upah)? Kapan belajar harus bayar? Terserah masing-masing.

Semboyan "Bekerja Adalah Belajar". Tentu akan mempelajari apa yang dikerjakan dan mengkreasi (inovasi). Kalau semboyan bekerja "Sekadar Untuk Dapat Upah", tentu beda. Tanpa minat belajar saat kerja, mandek (berhenti), habiskan waktu. Lama-lama bisa jenuh.

Long life education, belajar sejak dalam buaian ibu sampai liang lahat. Pada dasarnya selama hidup di dunia adalah belajar.

Jika sekolah atau kuliah tidak diberi ijazah. Kira-kira adakah yang mau daftar sekolah? Kuliah?Dugaan kuat tanpa ijazah tidak ada yang daftar. Mungkin juga ada, sebagai dugaan kecil.

Ada benarnya sekolah itu cari ijazah. Ada benarnya juga sekolah cari ilmu. Tergantung masing-masing.

Ijazah menjadi penting. Mengapa? Sebab setiap melamar kerja yang diminta syarat ijazah.

Suatu saat nanti, mungkin. Kalau perusahaan dan instansi saat menerima karyawan baru tidak mensyaratkan ijazah, tapi mensyaratkan kemampuan ilimunya. Apakah sekolah dan kampus akan sepi pendaftar calon siswa/mahasiswa? Belum tahu juga.

Yang kita tahu "ditingkatkan derajat manusia karena ilmunya", begitu firmanNya.

-------

Posting Komentar

0 Komentar