APENSO INDONESIA

header ads

Pembelajaran Remidi

Pembelajaran Remidi


Oleh : Suryadi
Director Education
APENSOINDONESIA.COM

Pembelajaran remidi merupakan satu pembelajaran yang tidak dapat terlepas dari prinsip belajar tuntas.

Dalam pembelajaran remidi, peran guru adalah menentukan siswa yang memerlukan bantuan, mendiagnosis penyebab kegagalan siswa, dan memberikan program perbaikan/remidi.

Untuk menentukan siswa yang memerlukan bantuan yaitu siswa yang nilainya dibawah batas ketuntasan pada tes pra syarat, tes formatif, dan tes sumatif.

Setelah menemukan siswa yang memerlukan bantuan, guru dapat mendiagnosis penyebab kegagalan dalam menguasai materi pembelajaran tersebut.

Dalam upaya menemukan dan mengatasi kesulitan belajar siswa, hakekatnya pekerjaan guru sama dengan pekerjaan seorang dokter. Sebelum dokter mengobati pasien, ia berusaha mencari penyebab sakit yang diderita pasien. Setelah penyebab sakitnya diketahui, dokter memberikan obat agar pasien sembuh.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi siswa gagal dalam menguasai materi pembelajaran, antara lain :

  • Tidak memahami konsep mateti pembelajaran,
  • Konsentrasi siswa terganggu saat pembelajaran berlangsung,
  • Siswa kurang memiliki kebiasaan belajar yang baik, 
  • dll.

Fungsi pembelajaran remidi adalah untuk menaikkan tingkat penguasaan materi pembelajaran bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Guru berperan untuk memberikan pembelajaran remidi yang dapat dilaksanakan sendiri atau dengan bantuan orang lain/tutor dalam belajar. Tentu saja untuk dapat ditunjuk sebagai tutor harus memenuhi persyaratan yang diperlukan.

----

Posting Komentar

0 Komentar