APENSO INDONESIA

header ads

2020 : TAHUN GENAP PENUH BERKAH BAGI WISATA DESA

2020 : TAHUN GENAP PENUH BERKAH BAGI WISATA DESA

Oleh : Yitno Utomo
Direktur Teknologi Informasi APENSO INDONESIA

Wonosalam. Setidaknya pagi ini cuacanya lebih segar dibandingkan sore di tahun kemarin 2019 yang agak ekstrim hujan, mungkin ini tahun unik yang penuh berkah yang tidak akan ditemui lagi sepanjang hayat, "TAHUN GENAP", tahun yang jika angka dua-nya dijumlahkan dan dikalikan tetap bernilai empat.  Tahun 2020, mari kita otak atik, 2 x 2 = 4 dan 2 + 2 = 4 semuanya bernilai genap empat tidak ganjil.

Tahun baru selalu menjadi target awal bagi para pengusaha bidang kuliner, wisata dan hiburan, entah tradisi, latah atau memang sudah menjadi kebiasaan sehingga barometer ramai dan tidaknya usaha kita diukur saat pergantian awal tahun-tahun seperti ini. Memang tempat wisata melengkapi usahanya dengan atribut tambahan seperti ; orkes, live musik, jazz competition dan bisa jadi wonosalam menampilkan "jaranan" sebagai upaya menarik wisatawan hadir di tempat itu.

Wonosalam menjadi icon "kota dingin" terbaru mungkin lebih tepatnya "desa dingin" diluar Batu-Malang, Pacet-Mojokerto, dan yang lainnya. Jika diurutkan dari selatan desa Galengdowo sudah banyak destinasi wisata baru yang viral di media sosial, seperti ; Air Terjun Pengajaran (Galengdowo),  Batu Pelangi (Ganten), KANSA (Kandang Sapi), The Durian Park (Wonosalam), Banyu Mili ( Gondang), Kampoeng Djawi, Goa Segolo-golo. Serta masih banyak lagi yang mirip-mirip rest area dari ujung selatan hingga barat desa-desa di Wonosalam.

Peran media sosial menjadi sangat urgent, dikala kebutuhan informasi terus berkembang saat ini, WhatsApp group, Facabook group serta group-group lain yang membentuk komunitas tanpa ikatan dan tanpa batas semuanya serba "automatically" dalam pencarian anggota, agenda acara serta berbagi informasi. Uniknya lagi para penggiat destinasi wisata ini tak segan-segan keluar sedikit ongkos untuk biaya "ngopdar" ngopi darat bertemu, bercengkerama, sharing dan bahkan membuat event yang bersekala besar. Sepanjang tahun 2019 kami memantau kegiatan rekan-rekan yang tergabung di group medsos "Explore Wonosalam" sudah memberitakan lebih dari 25 wisata baru di Wonosalam.

Sekiranya ini berkah tahun genap 2020 bagi masyarakat Wonosalam semoga segera menyusul suksesnya kabupaten-kabupaten lain seperti Mojokerto (Pacet), Kota Batu Malang, Trawas,  yang meraih manisnya buah hasil usaha wisata. (ytv)

Salam Wana Rimba, Save Our Natur dan Wonosalam Itu Indah.

Posting Komentar

0 Komentar