APENSO INDONESIA

header ads

“Ajarkan Kreativitis Siswa Membuat PIONERING Merak“

“Ajarkan Kreativitis Siswa Membuat PIONERING Merak“
Oleh : H. Banu Atmoko
Partner Apenso Indonesia

Pionering (Pioneering dalam bahasa Inggris) adalah salah-satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek, seperti bangunan kreatif, Tandu, Menara kaki tiga, menara kaki empat, dan alat-alat lain nya. Dalam tali-temali kita sering mencampuradukkan antara tali, simpul, dan ikatan. Hal ini sebenarnya berbeda sama sekali. Bedanya tali adalah bendanya. Simpul adalah hubungan antara tali dengan tali. Ikatan adalah hubungan antara tali dengan benda lainnya, misal kayu, balok, bambu, dan sebagainya. Pada hakikatnya tujuan pembuatan kreatif pionering yaitu memberi informasi, ilmu baru, dan mengasah keterampilan anggota pramuka dalam membuat sebuah model suatu objek sederhana yang nantinya dapat diaplikasikan di kehidupan pada saat dan sesudah kegiatan kepramukaan. Untuk membuat sebuah Kreasi Pionering kita harus perlu menguasai tali-temali terlebih dahulu.

Dalam mengasah kraetivitas dan bakat minat yang dimiliki oleh peserta didik SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. Pada hari Rabu, 15/1/2020 sebanyak 11 siswa putra dan 11 siswi putri mengikuti Latihan Kegiatan Pengembangan Pendidikan Karakter Pramuka yang dalam hal ini didampingi oleh Pelatih Pramuka yaitu Kak Syahrul, S.Pd. Dalam kesempatan ini Pelatih Pramuka kelahiran November 1986  tersebut mengajarkan kepada 11 siswa putra dan 11 siswi putri SMP PGRI 6 Surabaya untuk membuat pioneering kreasi, biasanya pionering yang dibuat adalah alat transportasi seperti kapal, Pesawat SUKOI.

Tetapi untuk hari ini Pelatih Pramuka Alumni Jurusan Matematika UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA tersebut mengajarkan membuat pionering hewan, dalam hal ini hewan yang dibuat adalah Merak. Dalam kesempatan tersebut Kak Syahrul, S.Pd langsung membagi tiap siswa/siswi tersebut untuk membuat kerangka dari hewan merak tersebut. Dalam kesempatan hari ini, latihan juga didampingi oleh Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak Banu Atmoko, S.Pd. Menurut Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak Banu Atmoko, S.Pd beliau sangat bangga kepada anak didik SMP PGRI 6 Surabaya, Pramuka yang baru dilatih 7 bulan oleh Kak Syahrul mampu membangkitkan karakter dari siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya, apalagi keuletan, ketekunan dari Kak Syahrul, S.Pd dalam mendampingi Peserta Didik SMP PGRI 6 Surabaya, seperti saat ini beliau meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mengajar siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya membuat PIONERING. Slogan yang selalu disampaikan oleh Kak Syahrul, S.Pd adalah “JANGAN JADI PECUNDANG, TAPI JADILAH PAHLAWAN UNTUK SEKOLAH KALIAN“.

Posting Komentar

0 Komentar