APENSO INDONESIA

header ads

Bersinergi Maju Bersama Untuk Sekolah Swasta Mengantarkan Generasi Emas Yang UNGGUL“

“Bersinergi Maju Bersama Untuk Sekolah Swasta Mengantarkan Generasi Emas Yang UNGGUL“
Oleh : H. Banu Atmoko
Partner Apenso Indonesia

Outbound merupakan inovatif yang ditemukan oleh cendikiawan berkebangsaan Jerman yang bernama Dr. Kurt Hant. Beliau lahir di Jerman pada tanggal 5 Juni 1886. Ilmu dan ide terapan pendidikan inovatif outbound Kurt Hant bertahan dan berkembang sampai saat ini. Sekarang semua kegiatan outbound disesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan yang ditarget.

Outbound adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik, dan mental. Kebersamaan yang indah yaitu dimana saat-saat kita sedang berkumpul dengan orang yang kita sayangi dan kita cintai. Disaat itulah pasti kita merasakan betapa indahnya hidup di dunia ini. Kebersamaan dengan keluarga, sahabat ataupun pacar, disaat kita sedang bersama mereka, pasti kita akan merasa bahagia dan merasa nyaman. Pastinya saat kita sedang bersama orang-orang yang kita sayang dan orang-orang yang dekat dengan kita, kita akan selalu merasa nyaman, merasa tidak mempunyai beban dan yang pasti selalu bahagia, dengan kebersamaan semua akan menjadi lebih indah dari apa yang kita bayangkan dan merasa hidup di dunia tidak sendirian.

Jika sedang mempunyai masalah yang menurut kita beban yang sangat berat, yang dibutuhkan oleh kita yaitu berkumpul bersama orang-orang yang bisa membuat kita merasa nyaman agar bisa menceritakan semua beban atau masalah yang sedang dihadapi, saat berkumpul bersama, kita bisa bertukar pikiran dengan yang lainnya, dengan begitu kita akan mendapat masukan-masukan pendapat, bagaimana cara memecahkan masalah yang sedang dihadapi dan dengan cara apa menyelesaikannya. Mungkin dengan begitu beban yang sedang melanda kita pasti sedikit demi sedikit akan berkurang dan cepat diselesaikan.

Hidup itu tidak akan indah jika kita selalu menyendiri. Kebersamaan itu sangatlah dibutuhkan, disaat kita sedang bersama keluarga, kita bisa bercerita-cerita kepada mereka bagaimana waktu dulu disaat kita masih kecil sampai dewasa apakah ada perbedaan, tentunya kita juga bisa mengetahui semasa kecil seperti apa. Bersama sahabat kita bisa bercerita tentang perjalanan hidup kita, keluh kesah yang pernah dialami, pastilah diantara semuanya mempunyai banyak perbedaan. Indahnya kebersamaan akan selalu dirasakan jika kita selalu bersama orang-orang yang membuat hidup kita nyaman, tak bisa dibayangkan jika kita hidup di dunia ini hanya sendiri dan selalu menyendiri, kebersamaan selalu dan akan tetap dibutuhkan oleh kita, jadi jagalah orang-orang yang kita sayang yang bisa membuat hari-hari kita ceria dan selalu membuat tersenyum.

Pada Hari Sabtu, 11/1/2020. Guru-guru mata pelajaran sebanyak 150 orang guru yang terdiri dari mata pelajaran PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, serta Bahasa Inggris berkumpul di SMP BARUNAWATI Surabaya (Jln. Perak Barat No. 173 Surabaya). Mereka berkumpul pukul 06.00 untuk mengikuti kegiatan Outbound Motivasi NLP yang diadakan di Pemandian TIRTA NIRWANA Songgoriti – Batu. Sesampainya di Batu, guru-guru mata pelajaran SMP Swasta Surabaya Utara sebanyak 150 orang tersebut langsung berbaris ke lapangan pemanasan untuk mengikuti pemanasan Senam Maumere dan Senam Chang Ching Chong. 

Untuk Outbound ini dibagi menjadi 3 sesi, dimana sesi pertama yaitu Game Ice Breaking (Tupai Masuk Rumah dan Tugu Pahlawan), Game bersama yaitu Sepak Bola, Normal Opposite Raja Otong berkata, tujuan dari game yang pertama ini adalah game–game yang dilakukan bersifat Fungame dan sesuai dengan tema (Team work, team building, character building, leadership). Game dilakukan secara berkelompok dan bersama-sama untuk meningkatkan kedekatan dan kebersamaan antar team/peserta.

Dalam kesempatan ini kegiatan Outbound di fasilitasi oleh PITC (POWER INSPIRATION TRAINING CENTER) yang di bawah kepemimpinan Afif Hidayatullah, S.E, S.Pd, M.Ak, C.Ht, CNNLP. Game yang harus diikuti oleh guru-guru mata pelajaran SMP Swasta Surabaya Utara yang kedua adalah Game Post. Post 1 (Pipa Gila, Super Donat), Post 2 Air (Transfer Bola, Care & Share) yang dimana game kedua ini tujuannya adalah meningkatkan kepedulian/konstribusi tim terhadap sekolah, meningkatkan leadership dalam tim, meningkatkan loyalitas pada sekolah, meningkatkan kerjasama tim di sekolah, sedangkan game yang ke-3 adalah Game Penutup (Game Kebersamaan. Unity Flag, Kisah Tukang Bangunan, Motivasi NLP, Terapi Kerja Bahagia) tujuan dari Game Penutup ini adalah meningkatkan loyalitas pada sekolah.

Menurut Sekretaris MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Bapak Banu Atmoko, S.Pd bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengakrabkan guru-guru SMP Swasta Surabaya Utara, meningkatkan loyalitas pada sekolah serta mengajak SMP Swasta Surabaya Utara SUKSES UNBK 2020, SUKSES PPDB 2020/2021 serta SUKSES AKREDITASI. Itu harapan Alumni Jurusan PLS Unesa yang juga menjadi Sekretaris MKKS SMP Swasta Surabaya Utara. Dalam motivasinya Afif Hidayatullah, S.E, S.Pd, M.Ak, C.Ht, CNNLP mengajak guru-guru SMP Swasta Surabaya Utara untuk bekerja dengan ikhlas untuk mengharapkan Ridho Allah swt. Jangan mengharapkan yang lain, karena nanti akan bisa berkah barokah selamanya.

Posting Komentar

0 Komentar