APENSO INDONESIA

header ads

Nyalakan Semangat dengan Segelas Kopi dan Pisang Goreng

“Nyalahkan Semangat dengan Segelas Kopi dan Pisang Goreng“
Oleh : H. Banu Atmoko
Partner Apenso Indonesia

Setiap orang punya cara masing-masing untuk meredakan stres. Ada yang merasa pikirannya lebih jernih setelah mendengarkan musik, jalan-jalan ke taman, atau hanya sekadar minum kopi.

Ya, sebagian orang menganggap kopi sebagai minuman mujarab untuk mengatasi stres. Namun, ada juga yang bilang kalau minum kopi saat stres justru bisa memperparah keadaan. Mana yang benar?

Kebanyakan orang akan siap sedia secangkir kopi di pagi hari. Katanya, minum kopi bisa meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, dan fokus saat kerja. Namun, apakah efeknya akan sama jika kita minum kopi saat stres?

Jika selama ini kamu rutin minum kopi saat stres, dengan harapan suasana hati akan membaik setelahnya, maka kamu salah besar. Yang ada, kebiasaan ini justru bisa bikin makin stres. Saat mengalami banyak tekanan atau stres, tubuh memproduksi hormon kortisol alias hormon stres.

Jangan salah, hormon kortisol ini justru berfungsi sebagai pengatur gula darah agar gula bisa diolah menjadi sumber energi. Dengan begitu, tubuh jadi lebih bertenaga dan fokus saat bekerja.

Sayangnya, setiap stimulan memiliki efek samping kecemasan. Begitu juga kafein. Begitu dikatakan Christopher N. Ochner, PhD, seorang asisten dosen di Icahn School of Medicine di Mount Sinai. Semakin tinggi rasa cemas, kita pun akan makin susah tidur.

Alih-alih menenangkan, kurang tidur justru bikin seseorang semakin stres saja. Hal ini disetujui oleh Roberta Lee, MD, ketua departemen Integrative Medicine di Mount Sinai Beth Israel. Menurutnya, efek kafein pada kopi justru membuat orang semakin gelisah. Yang ada, minum kopi saat stres akan semakin membuat seseorang tidak tenang dan kelelahan.

Saat tubuh merasa lelah, tentu kita butuh sesuatu untuk kembali segar bersemangat. Kopi hangat adalah salah satu yang bisa membantu kamu kembali bugar. Bukan hanya itu saja, kopi hangat juga bisa mengurangi stres, baik secara emosional maupun fisik.

Sebuah studi di Jepang menyatakan bahwa komponen dalam kopi mampu mengurangi stres. Kandungan kafein serta asam chlorogenic menjadi neurotransmitter dan mengubah senyawa kimia stres jadi lebih ringan.

Saat tubuh merasa stres, baik secara fisik maupun emosional, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kopi hitam hangat bisa mengatasi hal tersebut dan sangat direkomendasikan. Kopi hangat baik untuk relaksasi dan membuat tubuh kembali bugar.

Dalam menghangatkan tubuh setiap pagi hari, penulis setiap pagi hari selesai sholat shubuh sambil jalan-jalan pagi selalu menyempatkan pergi ke Warung GIRAS untuk membeli segelas kopi di daerah Bulak Sari.

Disana penulis selalu ngobrol dengan banyak orang yang ada di daerah Bulak Sari tersebut. Tidak hanya minum kopi saja tetapi juga ditemanin 2 buah pisang goreng yang selalu setia menemani untuk minum kopi tersebut. Menurut penulis bahwasannya setelah minum kopi serasa semangat untuk melakukan aktivitas di pagi hari ini.

-------

Posting Komentar

0 Komentar