APENSO INDONESIA

header ads

“Ajak Kepala Sekolah Buat Kuis Untuk Mengurangi Kertas Kuis Melui Google Form Kuis“

“Ajak Kepala Sekolah Buat Kuis Untuk Mengurangi Kertas Kuis Melui Google Form Kuis“
Oleh : H. Banu Atmoko
Partner Apenso Indonesia


Pada zaman seperti ini memang dibutuhkan fasilitas – fasilitas modern untuk memudahkan akses informasi. Untuk itu google membuat inovasi baru di era modern ini dalam rangka memudahkan akses data elektronik. Salah satunya yaitu Google Form.

Google Form atau yang disebut google formulir adalah alat yang berguna untuk membantu anda merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efesien.

Form juga dapat dihubungkan ke spreadsheet. Jika spreadsheet terkait dengan bentuk, tanggapan otomatis akan dikirimkan ke spreadsheet. Jika tidak, pengguna dapat melihat mereka di “Ringkasan Tanggapan” halaman dapat diakses dari menu Tanggapan.

Salah satu alasan dari banyak pengguna yang mungkin tidak menyadari Google Form adalah bahwa mereka ditemukan bukan sebagai aplikasi terpisah, melainkan sebagai bagian dari Google Drive. Dengan demikian, untuk membuat formulir baru, anda harus terlebih dahulu login ke gmail atau Google Apps.

Dengan spreadsheets memungkinkan untuk menunjukan bagaimana anda dapat menggunakan software ini untuk mengajukan berbagai pertanyaan, termasuk dimana pengguna anda merespon dengan jawaban teks sederhana atau respon teks lebih lanjut. Anda dapat meminta pertanyaan pilihan ganda, daftar pertanyaan, pertanyaan skala, dan masih banyak lagi. Ketika berbagi formulir anda dengan orang lain, anda dapat mengatur mereka untuk tampil dengan tema yang mengesankan dengan akses yang mudah.

Pendidikan di Kota Surabaya adalah Barometer Nasional, dimana Kuliatas Pendidikan mulai dari guru, siswa selalu mendapatkan perhatian yang serius dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya seperti yang dilakukan oleh guru – guru baik SMP Negeri maupun SMP - SMP Swasta serta SD baik SD Negeri maupun SD Swasta di Kota Surabaya.

Pada hari Sabtu 8/2/2020 mengikuti Diklat Pengimbasan TIK yang sudah berjalan 2 kali pertemuan setiap hari sabtu yang diadakan di 5 titik wilayah yaitu Surabaya Utara di SMP Negeri 5 Surabaya, Wilayah Selatan di SMP Negeri 13 Surabaya, Wilayah Timur SMP Anak Panah, Wilayah Pusat di SMP Negeri 3 Surabaya, Wilayah Barat di SMP Negeri 26 Surabaya.

Dalam kesempatan ini materi yang disampaikan adalah Google Form. Di SMP Negeri 5 Surabaya di Kelas C yang menjadi FASILITATOR adalah Bapak Banu Atmoko, S.Pd Kepala SMP PGRI 6 Surabaya dan Ibu Ismi Abidah, S.E dari Kepala SMP PGRI 8 Surabaya. Mereka berdua mengajarkan materi tentang Form Data dan Form Quis. Alhamdulilah 2 Fasilitator tersebut dibantu oleh Bapak Bambang S.Pd., M.MPd Kepala SD Negeri Wonokusumo VII/46 Surabaya dan dibantu oleh Bapak Muhammad Amin, S.Pd. I Kepala SDS BAHRAEISY. Mereka berdua mengajari teman - teman mereka yang kesulitan.

Dalam kesempatan yang sama Ibu Suwarti, S.Pd Kepala SDN SIDOTOPO I Surabaya, beliau sangat senang dengan materi yang disampaikan oleh Penulis dan Ibu Ismi Abidah, S.E karena tidak terasa waktu yang ada sangat cepat serasa masih kurang, disela- sela acara materi Ibu Ismi Abidah memberikan Ice Breaking agar Kepala Sekolah yang ada di kelas C tidak tegang dalam mengikuti materi DIKLAT TIK tersebut.

Kepala Sekolah SMP PGRI 6 Surabaya kelahiran April 1984 tersebut berharap agar sekolah – sekolah di Kota Surabaya, khususnya di wilayah Kecamatan Semampir bisa buat soal – soal baik untuk PTS, PAS maupun PAT secara On Line melalui Google Form, sehingga bisa menghemat kertas dan Anggaran Sekolah, tidak hanya Data Kuis saja, tetapi juga data guru di sekolah masing – masing. Dengan tersebut guru – guru baik SD, SMP Negeri Swasta Kota Surabaya MELEK IT. Sehingga data – data sekolah bisa tersimpan rapi melalui MICROSOFT 365 tersebut, kata Banu Atmoko, S.Pd.*

Posting Komentar

0 Komentar