APENSO INDONESIA

header ads

“Ajarkan Siswa Usaha Ikhlas Dan Kerja Keras Mencapai Sukses“

“Ajarkan Siswa Usaha Ikhlas Dan Kerja Keras Mencapai Sukses“
Oleh : H. Banu Atmoko
Partner Apenso Indonesia


Nasihat orang tua atau tradisi dalam keluarga bisa membentuk pribadi kita saat ini. Perubahan besar dalam hidup bisa sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai dan budaya yang ada di dalam keluarga. Kesuksesan yang diraih saat ini pun bisa terwujud karena pelajaran penting yang ditanamkan sejak kecil.

Kerja cerdas atau kerja keras? Mana yang seharusnya dipilih? Apakah keduanya memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing? Tentu, iya. Sering sekali kita mendengar kata-kata tersebut namun kebanyakan dari kita belum mengetahui apa itu kerja cerdas dan kerja keras, topik pembahasan kali ini sangat menarik karena seiring perkembangan zaman tentu kedua hal ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Sering sekali orang tua kita mengatakan, jika kamu ingin sukses kamu harus kerja keras, tetapi banyak pula orang sukses yang mengatakan kita harus kerja cerdas, apa yang menjadi perbedaan kalimat tersebut dan mana yang paling benar? Apakah benar yang dikatakan orang tua kita atau benar yang dikatakan orang yang sukses tersebut.

Apa yang dikatakan oleh orang tua kita belum tentu salah, begitu juga kita jangan menolak konsep baru, karena teknologi dan informasi yang semakin maju, kita harus sebisa mungkin mengimbangi perkembangan zaman ini, apa yang dikatakan oleh orang tua kita tentang kerja keras itu adalah benar, jika kamu mau sukses memang harus bekerja dengan keras.

Banyak sekali orang-orang yang sukses dalam bisnisnya, mereka mengorbankan waktu, keluarga, dan pikiran mereka untuk bekerja keras demi keberhasilan bisnisnya, orang-orang yang sukses dalam berkarir yang mereka tekuni, mereka juga bekerja keras dalam menggapai karir global, jika ada orang yang mengatakan kita hanya perlu bekerja cerdas, tanpa harus bekerja keras.

Kerja cerdas adalah bagaimana kita bisa bekerja sebaik mungkin dengan hasil yang lebih besar untuk usaha yang sama, ataukah hasil yang sama dengan usaha yang sedikit. Kuncinya adalah dengan menggunakan apa yang dimaksud dengan daya ungkit, pengungkit merupakan alat yang memungkinkan kita bisa menghasilkan kerja dengan usaha yang sekecil mungkin, Contoh sederhananya adalah dongkrak mobil, kita tidak akan kuat untuk mengangkat dan menahan mobil dengan tenaga kita, tetapi dengan bantuan dongkrak kita bisa mengangkat mobil kita tanpa energi yang lebih besar.

Lalu dongkrak apa yang bisa digunakan untuk bisnis atau karir kita? Kita harus bisa menemukan daya ungkit dalam bisnis dan karir, berikut merupakan usaha yang bisa dilakukan. 1 ) Belajar dan terus belajar, belajar kepada orang lain yang sudah terbukti berhasil yang pernah dilakukan orang lain, 2 ) Carilah ide kreatif untuk meningkatkan kinerja atau hasil dari apa yang kita bisa atau yang sudah pernah dilakukan. Tidak ada pelaku kerja cerdas yang sukses tanpa melalui kerja keras.

SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir. Pada hari Senin 10/2/2020 seperti biasa mengadakan kegiatan pembiasaan Pengembangan Pendidikan Karakter (Upacara Bendera) yang rutin dilaksanakan setiap hari senin.

Dalam kesempatan tersebut yang bertindak menjadi Pembina Upacara adalah Ibu Yuni Ismaryati, S.Pd selaku Guru BK di SMP PGRI 6 Surabaya. Dalam amanatnya Ibu Yuni Ismaryati, S.Pd mengajak seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya khususnya Kelas 9 dan Kelas 6 mengingat mulai hari Senin 10/2/2020 sampai Sabtu 15/2/2020 Pelaksanaan Ujian Praktek, maka seluruh siswa/siswa untuk Doa dengan ikhlas, usaha keras yaitu melalui belajar, Try Out – Try Out/Latihan soal – soal.

Dengan itu semua maka usaha kalian untuk Pelaksanaan UNBK dan Ujian Sekolah lancar tanpa hambatan, serta harapan untuk masuk Sekolah Negeri dapat terwujud, tapi jika kalian tidak serius, maka Allah swt tidak akan memberikan hasil yang baik.*

Posting Komentar

0 Komentar