APENSO INDONESIA

header ads

DIALOG GARENG PETRUK (DIGARUK) : AKTIFITAS OUTBOND YANG MEMBAWA DUKA

DIALOG GARENG PETRUK (DIGARUK) :


AKTIFITAS OUTBOND YANG MEMBAWA DUKA
Oleh : Kris Mariyono
Director Jurnalism
Apenso Indonesia

Petruk merasa galau mendengarkan peristiwa kecelakaan terhadap peserta didik yang sedang melaksanakan pendidikan di luar sekolah. Pendidikan di luar sekolah yang lazim disebut Outbound digelar di kawasan perbukitan atau di hantaran sungai, disamping penuh tantangan juga memerlukan keberanian.

Kang Gareng : "Memang outbond penuh tantangan dan keberanian meski lokasinya landai-landai saja," ujar Kang Gareng sembari memandang tajam Petruk.

Petruk : "Keledai itu tidak pandai..landai ya landai. Terus sungai meluap terus bagaimana padahal rombongan peserta didik Sekolah Menengah Pertama itu lewat disitu. Ya.. terjadilah muhibah...ee musibah ada yang terseret ada yang tenggelam ada yang tertahan batu," jelas Petruk yang pernah Diklat SAR tingkat BS (Bawah Sekali).

Kang Gareng : "Terus Truk..siapa yang harus berjawabtanggung atau bertanggungjawab. Guru atau Pembina Ketrampilan Peserta Didik (KPD) Truk..," kata Kang Gareng bernada tanya.

Petruk : "Tanya saja kepada rumput yang vergoyang..ee bergoyang. Seharusnya ada SOP yang jelas, jangan asal main seperti makan Sop buah atau Sop buntut ..hahaha dan lihat kondisi cuaca," ucap Petruk sembari tersenyum.

Gareng mendengarkan ucapan Petruk sembari manggut-manggut dan tersenyum kecil.

Kang Gareng : "Ya Truk, tidak salah pandanganganmu sebenarnya untuk kegiatan outbond itu harus perlu survey dan perhitungan yang matang terkait cuaca terlebih di musim hujan," tegas Kang Gareng bergaya orator.

Petruk : "Bentul dibawa kekali, betul sekali. Sebuah kegiatan di Sungai harusnya ekstra hati-hati terlebih membawa rombongan peserta didik berjumlah besar. Jumlah yang besar perlu penanganan optimal utamanya menyangkut keamanan," ungkap Kang Gareng tanpa basa-basi.

Petruk : "Jelas harus ekstra hati-hati jika outbond di kawasan sungai baik deras maupun tidak arusnya," kata Petruk yang menambahkan pentingnya segi keamanan dalam kegiatan outbond.

Kasus musibah terseret dan tenggelamnya peserta didik di negeri seberang ungkap Kang Gareng harus menjadi pelajaran berharga bagi lembaga pendidikan untuk mengadakan outbond.

Petruk : "Jangan gegabah dalam ber-outbond, pikirkan Kang dalam ber-outbond, terlebih bergaya James Bond penuh tantangan ..hahaha," tandas Petruk sembari berdiri melangkah meninggalkan Kang Gareng yang sedang menyantap kue molen.


🌸Ahad Berkah🌸

Posting Komentar

0 Komentar