APENSO INDONESIA

header ads

“Sukses Bukan Hadiah Melainkan Hasil Usaha dan Kerja Keras“

“Sukses Bukan Hadiah Melainkan Hasil Usaha dan Kerja Keras“
Oleh : H. Banu Atmoko
Partner Apenso Indonesia


Berbuat baik itu sesungguhnya sangat mudah. Hanya diperlukan beberapa menit saja sudah cukup untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat, misalnya dengan membaca buku-buku bermutu, beribadah secara khusyuk, menolong orang lain, bersedekah, mendengarkan kaset-kaset ceramah agama, berdo’a, berolahraga, mengasah skill atau mencari ilmu pengetahuan. Semua itu bisa dilakukan kalau Anda mau melakukannya.

Anda tidak bisa mengejar kebahagiaan hanya menggunakan harta semata. Kebahagiaan adalah hasil dari pencapaian tujuan yang spesifik, yang mengantarkan Anda ketempat dimana batin Anda terasa damai, tenang, dan nyaman, sehingga bisa menikmati hidup ini dengan indah bersama sang Pencipta.

Jika hidup Anda ingin lebih bahagia, maka Anda harus berusaha meningkatkan hubungan dengan Sang Maha Pencipta. Lakukanlah apa yang bisa Anda kerjakan dengan ikhlas dan sepenuh hati, agar jiwa anda terasa tenang, tanpa beban, jiwa yang terpuruk menjadi bangkit, hati yang sempit menjadi longgar, jiwa yang pedih menjadi tegar, serta memberikan kehidupan yang tenteram dan damai bagi diri Anda.

Dunia akan memberikan nilai plus bagi setiap orang yang senantiasa konsisten memperbaiki dirinya sendiri, walau sekecil apapun yang dilakukannya. Banyak orang yang menyepelekan hal-hal yang kecil, padahal sesuatu yang besar harus dimulai dari hal-hal kecil. Perlu di ingat, semua rangkaian kehidupan orang-orang besar dimulai dengan hal-hal yang terkecil.

Oleh sebab itu, tidak ada hal sekecil apapun yang sia-sia di dunia ini, jika dikerjakan dengan sepenuh hati dan konsisten. Kesuksesan seseorang tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan karena usaha yang pernah dilakukannya. Seseorang harus berusaha untuk melakukan sesuatu agar terjadi perubahan pada dirinya, sehingga dirinya menjadi sukses.

Hidup sukses merupakan hasil yang diraih dari suatu tindakan tertentu, karena seseorang telah mengkondisikan segenap akal dan pikirannya untuk meraih sukses dan percaya bahwa dia akan berhasil meraihnya. Keyakinan yang kuat untuk meraih sukses, di dukung dengan perancanaan yang matang, pelaksanaan yang baik dan dilakukan dengan sepenuh hati membuat impian untuk hidup sukses bisa terealisasi menjadi kenyataan.

Setiap keberhasilan pasti melalui proses dan perjuangan yang luar biasa. Kejelian melihat peluang, fokus terhadap satu bidang tertentu, pandai mengelola waktu dengan baik dan mampu mengoptimalkan seluruh kemampuan yang dimiliki merupakan modal dasar yang sangat berharga bagi kesuksesan seseorang.

Seandainya Anda mengalami kegagalan, jangan cepat berputus asa. Belajarlah dari kegagalan tersebut dan kembali berusaha mencari jalan keluarnya. Kalau Anda mau selalu berusaha dengan mengoptimalkan segenap potensi yang dimiliki, disertai dengan rajin beribadah dan berdoa, maka yakinlah bahwa Tuhan akan membimbing Anda menuju jalan kesuksesan.

Memang, tidak semua orang beruntung, hidup enak berkecukupan dengan fasilitas yang berlebih dan mampu memenuhi segala keinginannya. Kenyataan yang ada justru masih banyak orang yang hidup serba kekurangan dan banyak masalah yang di seputar kehidupannya. Tantangan hidup ini memang tidak ringan, tetapi jika kita bisa menyikapinya dengan berpikir positif dan berani menghadapi hidup ini dengan sabar dan tegar, maka semua itu akan menjadi ringan.

Orang-orang besar adalah mereka yang berani menghadapi semua tantangan dan benturan dalam hidup ini. Dalam suasana penuh tantangan dan benturan, pasti ada perjuangan dan upaya keras untuk menyelesaikannya. Dan siapa saja yang yang berhasil melaluinya, maka dia adalah pemenangnya.

Kualitas diri seseorang akan tampak dari dari perjuangannya yang keras dan gigih dalam memperjuangkan perubahan hidupnya kearah yang lebih baik. Mereka yakin bahwa kesuksesan pasti akan datang menghampirinya, karena Tuhan tidak akan menguji hambanya melebihi kemampuan yang dimilikinya. Bersama kesulitan akan tumbuh kemudahan, bersama kesulitan akan banyak jalan kemudahan, bersama kesulitan maka kemudahan itu akan segera datang.

UNBK sebentar lagi akan terlaksana, kemungkinan sekitar bulan April 2020. Dimana setelah LULUS UNBK tersebut, masa depan seluruh siswa/siswi kelas 9 SMP PGRI 6 Surabaya dipertaruhkan di masyarakat. Makanya pada hari Minggu 16/2/2020, pagi hari pukul 06.00 seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya tang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir melaksanakan kegiatan Ritual Pembacaan Istighosah, Yasin, dan Pembacaan Sholawat Nabi di Makam Sunan Ampel.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Bapak Abdul Aziz, S.Pd, dan dihadiri Guru dari SMP PGRI 6 Surabaya yaitu Bapak Achmad Syaifuddin, S.H.I selaku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Bapak Nuril Muhtadin, S.Pd selaku Guru Extra Drumband SMP PGRI 6 Surabaya, Ibu Anis Laily Mufidah, S.Pd selaku Kepala SDS “AL-IKHLAS Surabaya, dan Bapak Banu Atmoko, S.Pd selaku Kepala SMP PGRI 6 Surabaya.

Selesai di Ampel seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya berangkat menuju ke Pameran Pendidikan SMA/SMK yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di JATIM EXPO. Dalam kesempatan tersebut seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya didampingi oleh Ibu Mei Kurniatul Adawiyah, S.Pd selaku Guru Matematika di SMP PGRI 6 Surabaya, dimana Guru kelahiran Mei 1992 tersebut juga mengajar di SMK Pruhita beliau juga kebagian jadwal piket jaga Stand Pameran. Seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dengan semangat memasuki stand – stand SMA/SMK baik Negeri maupun Swasta, bahkan mereka ada yang melakukan Tes Golongan Darah.

Menurut Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya kelahiran April 1984 Alumni Jurusan PLS Unesa tersebut tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan macam – macam sekolah yang ada di Jawa Timur baik SMA/SMK baik Negeri maupun Swasta, karena setelah lulus SMP ini adalah menuju masa depan yang jangan sampai salah memilih sekolah gara - gara ikut – ikutan teman yang seharusnya tidak sesuai dengan bakat dan minat yang diinginkannya.

Menurut Annisa Dwi Ainun Yasin siswa kelas 9 SMP PGRI 6 Surabaya beliau sangat senang dengan adanya kegiatan pameran tersebut, karena dapat melihat sekolah – sekolah yang ada di Jawa Timur, dimana kelak Annisa tersebut ingin melanjutkan Ke SMK Negeri 8 Surabaya, makanya Annisa akan belajar semaximal mungkin untuk mendapatkan Nilai UNBK Terbaik, sehingga harapan masuk SMKN 8 Terwujud.*

Posting Komentar

0 Komentar