APENSO INDONESIA

header ads

MAKNA VIRUS COVID-19 BAGI SETIAP INSAN

MAKNA VIRUS COVID 19 BAGI SETIAP INSAN
Oleh : Kris Mariyono
Director of Jurnalism
Apenso Indonesia


Keberadaan virus Covid-19 yang populeritasnya secara dasyat melebihi ketenaran Grup Band 19 tidak hanya mampu menggemparkan jagad nusantara namun juga menggemparkan seluruh insan dibelahan bumi.

Ibarat di dunia pewayangan adegan Goro-goro berkait kehadiran pagebluk negeri dengan wabah virus membahayakan sekaligus mematikan. Bukan hanya tutur tinular melainkan juga berjabat tangan akan tertular, betapa dasyatnya virus Covid-19 yang mewarnai kehidupan insani disaat-saat menghadapi hajatan besar seperti Ujian Sekolah-Nasional dan bulan suci Ramadhan, bulan penuh ampunan dan hidayah bagi umat Islam.

Dibalik mewabahnya Covid-19 terungkap makna yang dalam bagi umat Islam yang dituntut meningkatkan nilai Silahturrahmi. Memahami untaian kata Covid -19 menuntut umat Islam sebagai umat Nabi besar Muhammad SAW guna meningkatkan kebersihan dan mengedepankan pola hidup sehat.

Berpijak uraian huruf alfabeth dalam kata Covid-19 meliputi :
1. C-Cuci tangan yang dapat dilakukan melalui aktifitas Wudhu setiap akan melaksanakan Sholat 5 waktu atau Sholat Shunah. Di sisi lain, sesuai anjuran sesepuh, cuci tangan ketika masuk rumah setelah berpergian baik dekat maupun jauh.
2. O-Olahraga baik ringan maupun berat untuk menjaga kestabilan kesehatan jasmani.
3. V-Vitamin, adanya vitamin dalam tubuh sangat diperlukan dalan rangka mepertahankan kesehatan daya tahan tubuh dari serangan penyakit termasuk virus.
4. I-Ikhtiar, bagian dari usaha insani agar mendapatkan kehidupan yang sehat dan jasmani dan rohani utamanya mengantispai adanya serangan virus mematikan.
5. D-Doa obat mujarab untuk menggapai kesehatan dan kesejateraan. Karena tanpa doa yang dipanjatkaan niscaya segala malapetaka dan bencana akan sulit dihindari.

Hanya dengan doa, berserah diri dan belajar hidup bersih akan menggerus berbagai persoalan persoalan hidup. Bersabar dan berdoa serta berikhtiar "sebagai pintu-pintu penting mengatasi masalah kehidupan berbangsa dan bernegara," Seger Waras.

6. Angka 19 mengingatkan secara rutin untuk melaksanakan Sholat 5 waktu dan Sholat Shunah yang berjumlah 19 rakaat agar Selamat Dunia Akherat. Sukses selalu. Seger Waras.

Posting Komentar

0 Komentar