APENSO INDONESIA

header ads

Seminar Motivasi dan Profiling di SMK Negeri 1 Sidoarjo

Seminar Motivasi dan Profiling di SMK Negeri 1 Sidoarjo
Oleh : Suyardi
Director of Education


Komite Sekolah bekerjasama dengan SMKN 1 Sidoarjo, menyelenggarakan kegiatan Seminar Motivasi dan Profiling, Rabu (26/2) bertempat di Aula SMKN 1 Sidoarjo. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan guru mapel Kewirausahaan, mendatangkan narasumber dari GEMILANG ( Generasi Milenial Cemerlang ), Yulius Chaesar, C, SE dan Setyo Nugroho, SH ( CIT, CIMA ).

Susunan acara Seminar Motivasi dan Profiling dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama seremonial dilanjutkan sesi kedua Seminar Motivasi dan Profiling. Seremonial dimulai pukul 09.00 WIB dilanjutkan sesi Seminar Mitivasi dan Profiling berakhir pukul 12.00 WIB. Sesi seremonial terdiri dari : pembukaan seremonial, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua Komite, sambutan Kepala Sekolah dilanjutkan pembukaan Seminar Motivasi dan Profiling, do'a, dan foto bersama.

Ketua Komite Sekolah SMKN 1 Sidoarjo Dr.Nurul Pujiastuti, S.Kep, Ns, M.Kes, dalam sambutannya mengatakan, "Kegiatan Seminar Motivasi dan Profiling ini merupakan angkatan pertama untuk siswa-siswi kelas X, bertujuan mempersiapkan agar siswa-siswi mengenal potensi diri sendiri, sehingga terwujud SDM yang unggul mampu bersaing di era industri 4.0."

Berikutnya, Kepala Sekolah SMKN 1 Sidoarjo Drs. Abdul Rofiq, M.Si, memberikan sambutan dilanjutkan pembukaan Seminar Motivasi dan Profiling. Dalam sambutannya Drs. Abdul Rofiq, M.Si mengatakan, "Rencana Pembangunan Tahun 2020-2024 dengan agenda utama meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing. Peningkatan mutu SDM dimulai dari pendidikan tingkat dasar hingga pendidikan tinggi. Melalui Seminar Motivasi dan Profiling ini diharapkan siswa-siswi SMKN 1 Sidoarjo bisa meningkatkan kepercayaan diri, sehingga bisa berperan di era industri 4.0 yang semakin banyak tantangan."

Sesi kedua adalah Seminar Motivasi dan Profiling. Sesi kedua dibuka oleh moderator Sigit Setiawan, S.Sos, bendahara Komite Sekolah. Selanjutnya acara Seminar Motivasi dan Profiling diserahkan kepada narasumber, yaitu Yulius Chaesar, C, SE. dan Setyo Nugroho, SH. ( CIT, CIMA ). Narasumber mengawali acara dengan memberikan 40 item soal psikotest kepada peserta. Setelah masing - masing peserta mengetahui nilai test, mereka dikelompokkan berdasarkan kecenderungan kepribadian yang dimiliki oleh masing - masing peserta.

Ada 4 kelompok siswa-siswi peserta yaitu kelompok tipe Sanguinis, Plegmatis, Koleris, dan Melankolis. Narasumber mempresentasikan masing - masing tipe kepribadian manusia tersebut. Setelah presentasi materi, narasumber menayangkan video inspiratif pemuda bernama Dzoel, cacat tubuh, tidak mempunyai kaki, hanya mempunyai 2 lengan tangan hingga siku, tidak memiliki jari tangan. Dzoel bisa mewujudkan mimpinya menjadi fotografer profesional.

Yulius Chaesar menambahkan, "Siswa-siswi diharapkan mampu mengapresiasi diri sendiri, mengikuti passion diri sendiri mulai dari yang kecil, hidup itu pilihan dan bisa bekerja dalam jaringan. Contoh : Gojek memiliki jaringan, tidak memiliki sepeda motor tetapi bisa berkembang melayani kebutuhan transportasi masyarakat."
Berikutnya, tanya jawab dipandu oleh moderator. Ada siswa yang bertanya, "Lebih baik mana bekerja dengan passion diri sendiri dibanding passion keinginan orang tua ?". Yulius Chaesar menjawab, "Semua bagus. Agar orang tua percaya dengan passion anda, maka anda harus bisa menunjukkan bukti hasil kerja passion anda."

Tanya jawab selesai, dilanjutkan kuis dipandu moderator. Siswa-siswi peserta yang benar menjawab kuis mendapat hadiah paket data internet.

Penutupan Seminar ditandai dengan pemberian cendera mata dari Komite Sekolah kepada kedua narasumber. Yang menyerahkan cendera mata adalah Dr. Nurul Pujiastuti, S.Kep, Ns, M.Kes dan Sigit Setiawan, S.Sos.

Sepanjang kegiatan Seminar Motivasi dan Profiling berlangsung, siswa-siswi nampak gembira dan antusias.

Posting Komentar

0 Komentar